Beginilah Cara Islam Mengenai Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Wafat

284 views Leave a comment
kasih sayang orang tua

Dailymoslem – Membalas kebaikan orang tua, harus kita usahakan. Meskipun sebenarnya, tidak akan dapat kita samai kebaikannya karena kasih sayang orang tua sepanjang hayat. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua oang ibu bapaknya; ibunya telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu hanya kepada-Ku lah kembali.” (Q.S: Luqman: 14)

Seharusnya, mumpung orang tua masih dapat kita jumpai. Membahagiakan mereka dengan cara yang baik haruslah diusahakan. Setidaknya ajak bercengkrama, tanyakan bagaiamana keadaannya, apa yang diinginkan. Kemudian ajaklah berlibur. Pun hanya mengunjungi tempat-tempat dekat, buatlah mereka merasa bahagia. Jika orang tua telah tiada, maka berbaktilah dengan cara berikut ini:

Menshalati jenazah, memohonkan ampun, memenuhi janji dan menyambung hubungan dengan orang yang dicintainya.

Saat itu datang seorang laki-laki dari golongan Anshar dan bertanya, “Wahai Rasulullah! Apakah masih ada perbuatan bakti yang harus aku perbuat kepada kedua orangtuaku setelah mereka meninggal?” kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjawab,

Ya, ada empat perkara. Menshalatinya dan memonkan ampun kepada Allah untuk mereka, melaksanakan janji-janji mereka, memuliakan teman-teman mereka, dan menyambung tali kekeluargaan yang kamu tidak miliki pertalian kecuali dari adanya pertalian itu, itu perbuatan bakti kepada mereka yang tersisa bagimu untuk kamu lakukan setelah mereka meninggal.”

Upayakan untuk menjadi seseorang yang shalih

Siapa yang tidak mau memiliki anak yang shalih. Semua orang tua pasti bangga dan bahagia jika memiliki keturunan yang shalih dan saling menyayangi sesame. Selain itu, doa anak shalih termasuk kepada amalan yang tidak akan putis pahalanya untuk orang tua. Oleh karena itu, berbaktilah kepada orang tua dengan cara menjadi seseorang yang shalih.

Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang berdoa kepada (ibu bapaknya).” (HR. Muslim)

Baca Juga:

Pahami Tipe Orangtua yang “Dibully” oleh Anaknya Sendiri, Apakah Anda Termasuk?

Orangtua Tidur Seranjang Dengan Bayi, Amankah?

5 Cara Menangkan Hati Calon Mertua

Ini Akibatnya Jika Anak Sering Mendengar Orangtua Bertengkar

 

 

(Visited 290 times, 1 visits today)