5 Tindakan Suami Yang Bisa Dikategorikan Sebagai Kedurhakaan Terhadap Istri

4830 views
angry man1

Dailymoslem – Menikah adalah menyelaraskan langkah hidup dua pribadi yang berbeda. Terkadang, banyak sekali pasangan yang awalnya sangat mesra ketika berpacaran tapi hancur saat menikah. Mereka tak bisa mengendalikan ego masing-masing, sehingga pertengkaran menjadi pemandangan sehari-hari dalam rumah tangga.

Mungkin selama ini, wanita dianggap sebagai pihak yang tidak bisa menahan ego-nya. Sampai-sampai ada istilah ‘wanita selalu menang’. Selain itu,banyak sekali cerita bahwa dalam pernikahan biasanya seorang istri yang durhaka, sehingga membuat suaminya menceraikannya. Padahal, banyak juga lho suami yang durhaka pada istrinya. Beberapa tindakan suami yang bisa dikategorikan sebagai kedurhakaan pada istri adalah:

Mengacuhkan Istri Dan Tidak Peduli Dengan Mahar Pernikahan

“Dan berikanlah mahar (mas kawin) kepada perempuan yang kamu nikahi sebagai pemberian yang penuh kerelaan.” (QS. An-Nisaa: 4)

Mahar merupakan hak seorang wanita yang harus dipenuhi oleh lelaki yang akan menikahinya. Mahar menjadi hak milik seorang istri dan tidak boleh siapapun mengambilnya, entah ayahnya atau pihak lainnya kecuali bil aistri ridha memberikan mahar tersebut.

Suami yang tidak melunasi mahar pernikahan, termasuk kedalam golongan orang yang durhaka kepada istrinya. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah bersabda:

“Siapa saja laki laki yang menikahi seorang perempuan dengan mahar sedikit atau banyak,tetapi dalam hatinya bermaksud tidak akan menunaikan apa yang menjadi hak perempuan itu,berarti ia telah mengacuhkannya. Bila ia mati sebelum menunaikan hak perempuan itu,kelakpada hari kiamat ia akan bertemu dengan Allah sebagai orang yang fasiq…’” (HR.Thabarani)

Sangat Pelit Sehingga Tak Memberi Nafkah Atau Uang Belanja

Seorang lelaki yang telah menikahi wanita, berarti telah mengemban tanggung jawab yang selama ini dipikul oleh ayah wanita tersebut. Salah satunya adalan menafkahinya, menjamin kehidupan sehari-harinya seperti makan, pakaian dan tempat berteduh.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr,ia berkata:”Rasulullah bersabda: ’seseorang cukup dipandang berdosa bila ia menelantarkan belanja orang yang menjadi tanggung jawabnya.’” (HR.Abu Dawud)

Nyaman Hidup Dari Peghasilan Istri Dan Menjadikan Istri Sebagai Kepala Rumah Tangga

Tidak dapat dipungkiri, meskipun tidak semua namun ada beberapa lelaki yang malah nyaman dihidupi orleh istrinya. Bukannya menafkahi tapi malah tidak melakukan kewajibannya sebagai suami.

Dari Abu Bakrah, ia berkata:”Rasulullah saw.bersabda: ‘tidak akan beruntung suatu kaum yang dipimpin oleh seorang wanita.’ “(HR.Ahmad)

Menuduh Istri Berzina

Seorang suami yang menuduh istrinya berzina, padahal sang istri adalah seorang wanita yang sangat menjaga kehormatannya bisa dikategorikan sebagai suami yang durhaka. Pada dasarnya menuduh atau memfitnah seseorang berzina adalah sebuah kejahatan.

“Dan orang orang yang menuduh istri mereka berzina,padahal mereka tidak mempunyai saksi saksi selain diri mereka sendiri,maka kesaksian satu orang dari meeka adalah bersumpah empat kalli dengan nama Allah bahwa sesungguhnya dia adalah termasuk orang orang yang benar(dalam tuduhannya) (7) dan kelima kalinya(ia mengucapkan) bahwa laknat Allah akan menimpa dirinyajika ternyata ia tergolong orang orang yang berdusta.” (QS.An-Nuur :6-7)

Berbuat Kekerasan Dalam Rumah Tangga Seperti Memukul dan Menjelek-jelekan Istri Dihadapan Orang Lain

Dari mu’awiyah Al-Qusrayiri,ia berkata:”saya pernah datang kepada Rosulullah saw.’ Ia berkata lagi:’saya lalu bertanya:’Ya Rosulullah,apa saja yang engkau perintahkan(untuk kami perbuat)terhadap istri-istri kami?’Beliau bersabda:’…janganlah kalian memukul dan janganlah kalian menjelek-jelekan mereka.’” (HR Abu Dawud)

 

(Visited 14,320 times, 1 visits today)