3 Langkah Jitu Bangun Keseimbangan Karier dan Keluarga

1438 views

Pernikahan bagaikan mengarungi gelombang kehidupan bersama. Namun sayang, banyak yang (tanpa sadar) memilih untuk berlayar tanpa menentukan ‘pulau tujuan’nya. Sehingga, kehidupan pernikahannya bak mengapung begitu saja di tengah ombak. Bingung tak tentu arah, terserah ombak membawa kemana.

Jika pernikahan tak jelas kemana arah ‘pulau tujuannya’, maka jangan heran jika kehidupan pernikahan begitu hambar. Maksud bekerja mencari uang demi anak istri, namun anak istri terasa tak menganggap dan tak menghargai peluh keringat di luar sana. Maksud hati membangun karier demi keluarga dengan cara ‘mengorbankannya’, namun lama kelamaan terasa ‘ditinggal’ oleh keluarga. Maksud hati menjalankan Long Distance Marriage demi keluarga, namun tak ada deadline dilakukan sampai kapan, sehingga tak bisa terbangun kedekatan dengan keluarga.

Jangan sampai kita bekerja demi keluarga, dengan cara mengorbankannya. Karena itu, ciptakan keseimbangan dalam karier dan keluarga Anda, dengan mendesain pernikahan Anda. Setidaknya, ada tiga langkah untuk mendesainnya.

Yang pertama, desain ‘pulau tujuan’ Anda. Jawab dalam hati lalu tulislah, ‘untuk apa saya perlu.bekerja?’. Apakah pure finansial, aktualisasi diri, passion, mengisi waktu, ibadah, atau ada alasan lainnya? Lalu, jawab juga pertanyaan ‘untuk apa saya berkeluarga?’, ‘untuk apa saya memiliki anak?’. Jawablah dengan jujur, bukan jawaban normatif, karena jawaban yang Anda tulis, apapun itu, sedang mengecek niat Anda. Niat layaknya surat, salah tulis alamat akan sampai salah tempat.

Yang kedua, diskusikan bersama pasangan Anda dan desainlah ‘peran’ Anda berdua. Masalah hidup semakin lama semakin berat, Anda dipersatukan dengan pasangan Anda untuk bekerjasama mengarungi derasnya hidup, bukan untuk berjalan sendiri-sendiri. Sepakatilah siapa yang lebih berperan di rumah, siapa yang lebih berperan di luar. Sepakatilah siapa guru bagi anak-anak Anda, siapa kepala sekolahnya. Sepakatilah, peran apa yang paling tepat agar kehidupan pernikahan Anda harmonis. Ingat, masing-masing peran apapun itu, suami-istri-ayah-ibu-pebisnis-karyawan-profesional, semuanya meminta tanggungjawab Anda. Maka, diskusikanlah bagaimana pembagian peran dalam kehidupan Anda berdua.

Yang ketiga, desain rules dan SOP dalam rumah Anda. Sepakbola tanpa rules handsball akan membuat permainan menjadi sangat liar. Begitu pula dengan kehidupan kita. Ingatlah, manusia yang bermasalah itu adalah yang terlalu dikekang atau terlalu dibebaskan. Adanya rules dalam hidup Anda akan membuat Anda ‘on the track’ dari pulau tujuan yang telah Anda berdua desain. Pastikan, taati rules dariNya dan desain rules secara teknis dalam rumah Anda berdua.

Peta di tangan tak berarti hambatan dalam perjalanan menghilang. Peta di tangan membuat perjalanan kita fokus akan tujuan. Begitu pula dengan mendesain pernikahan, akan membuat Anda berdua fokus pada tujuan. InsyaAllah, kebahagiaan dan keberkahan akan selalu mewarnai kehidupan Anda.

Selamat membangun keharmonisan pernikahan Anda.

Romantic Couple
@canunkamil & @fufuelmart

(Visited 597 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]