Tips Puasa untuk Ramadhan Pertama Kamu yang Mualaf

575 views
ramadhan

Dailymoslem – Merupakan sebuah berkah yang tidak terhingga nikmatnya bagi mereka diberi hidayah untuk menemukan kedamaian dalam Islam. Nah, di bulan Ramadhan ini merupakan tantangan tersendiri karena hanya Islam-lah agama yang menerapkan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Berbagai kesulitan yang dialami mereka yang baru pertama menjalani Ramadhan biasanya seputar menahan haus dan lapar, sulitnya bangun sahur dan juga mengejar ibadah malam yang biasa dilakukan umat Muslim di bulan Ramadhan.

Di bulan inilah kita memaksimalkan diri untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu jalankan jika Ramadhan ini adalah Ramadhan pertamamu.

(Baca juga: Puasa Ramadhan, Bukti Bahwa Umat Muslim Jauh Dari Kekerasan)

Strategi Alarm

Cara yang paling mandiri adalah dengan strategi alarm. Jangan bermanja dengan alarm, lakukan segala cara agar alarm bisa membangunkan kita untuk sahur. Misalnya menempatkan alarm yang telah di-set untuk berbunyi kencang jauh dari tempat tidur, sehingga kita harus bangun untuk mematikannya. Atau bisa juga dengan mengganti bunyi alarm dengan bunyi yang lebih kencang dan membangunkan.

Minta Dibangunkan Sahur oleh Teman-Teman Muslim

Mengerjakan sesuatu memang paling enak bersama-sama dengan teman yang juga menjalankan hal yang sama. Nah, kamu bisa meminta teman muslim kamu untuk membangunkan baik lewat telepon atau secara langsung. Teman muslim kamu pasti merasa mendapat kehormatan untuk membangunkan seorang teman untuk beribadah.

Buka Bersama Teman-Teman Muslim

Agar puasamu semakin semangat, rencanakan buka bersama dengan teman-teman. Isi juga waktu luang di sore hari dengan ngabuburit bersama teman-teman yang menjalankan puasa. Insha Allah puasa akan terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Perhatikan Asupan Gizi Saat Sahur dan Buka

Agar tubuhmu tidak kekurangan energi di siang hari, pastikan kamu mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan dibutuhkan tubuh. Perbanyak minum air di waktu buka, malam hari dan sahur. Perbanyak juga konsumsi sayuran dan protein.

Manfaatkan Ramadhan Pertama Ini Sebaik Mungkin

Menurut Nouman Ali Khan, Ramadhan adalah waktu untuk umat muslim kembali mengenali Islam dan AL-Qur’an dari nol lagi. Di bulan Ramadhan Al-Qur’an diturunkan dan umat muslim memiliki kiblat baru yang tadinya di Baitul Maqdis berganti menjadi Ka’bah. Ini adalah saat umat muslim menjadi umat yang baru. Untuk kamu yang mualaf, ini waktu yang tepat untuk mengenali Islam lebih dalam lagi, memahami dirimu yang juga menjadi orang yang kembali baru dan suci setelah memeluk Islam.

(Baca juga: 10 Ibadah Sunnah untuk Sempurnakan Ramadhan)

Selamat menyambut Ramadhan!

(Visited 446 times, 1 visits today)