Sempurnakan Ramadhan Tahun Ini dengan 10 Ibadah Sunnah Berikut Ini

2482 views
ramadhan

Dailymoslem – Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim. Berbagai amalan dan ibadah yang dilakukan di bulan penuh berkah ini akan dilitpat gandakan pahalanya hingga berkali-kali lipat.

Maka, lakukanlah 10 ibadah rutin berikut ini sepanjang bulan Ramadhan agar kita tidak melewatkan nikmat Allah yang begitu besar di bulan ini.

(Baca juga: Puasa Senin-Kamis dan Puasa Sya’ban, Persiapan Jasmaniah dan Rohaniah untuk Siapkan Diri Jelang Puasa Ramadhan)

Membaca Qur’an Setiap Hari

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an. Maka ketika kita memasuki Ramadhan, sebaiknya kita membaca kembali Al-Qur’an seperti waktu kita pertama kali mengenalnya. Dengan membaca beberapa surat setiap selesai sholat, Insha Allah kita bisa menyelesaikan satu juz dalam sehari dan Insha Allah khatam dalam satu bulan.

Sholat Sunnah Sebelum atau Setelah Sholat Wajib

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

“Barang siapa yang shalat dua belas raka’at maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga; empat raka’at sebelum Zhuhur dan dua raka’at setelahnya, dua raka’at setalah Maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya`, dan dua raka’at sebelum shalat Subuh,”

Berdzikir Setiap Kali Setiap Pagi dan Petang

 “Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (keimanan). Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (Al-Ahzab: 42-43)

Bersedekah Lebih Banyak

Di bulan Ramadhan, kita memang harus membayarkan zakat fitrah. Namun, ada baiknya untuk melebihkan bersedekah di bulan Ramadhan selain pada zakat fitrah. Apapun bisa kita lakukan untuk bersedekah, memberi makanan pada orang miskin, menolong teman, bahkan Rasulullah Sallahu ‘Alaihi wa Salam pernah mengatakan bahwa senyum pun sudah sedekah.

Hindari Pembicaraan yang Tidak Penting

Bersosialisasi dan mengobrol rignan bersama teman memang kebutuhan manusia. Tapi di bulan penuh rahmat ini, ada baiknya kita sedikit mengutamakan ibadah daripada hal-hal duniawi. Apalagi obrolan-obrolan tidak penting yang pada akhirnya membawa kita pada ghibah.

Menjenguk Kerabat atau Keluarga yang Sakit

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya Чαπƍ muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Menyediakan Takjil untuk Disumbangkan Ke Masjid

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (Tirmidzi)

Mengejar Laylatul Qadr

“Malam laylatul qadr itu lebih baik dari seribu bulan.” (Al-Qadr: 3)

(Baca juga: 7 Cara untuk Memulai dan Menjaga Konsistensi Sholat Malam)

Bertaubat Atas Nama Seluruh Umat Muslim

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912)

Mengikuti Pengajian

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Barang siapa pergi ke masjid, tanpa ada maksud lain kecuali untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya; niscaya ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna.” (HR. Al-Hakim dari Abu Umamah radhiyallahu’anhu dan dikuatkan oleh al-‘Iraqy, adz-Dzahaby serta al-Albany).

Hanya sekali saja dalam setahun, kita diberi satu bulan penuh dengan rahmat dan berkah yang berkali-kali lipat jumlahnya daripada bulan-bulan lainnya. Yuk, kita manfaatkan sebaik-baiknya bulan Ramadhan kali ini dengan menyempurnakan ibadah kita. Insha Allah.

(Visited 7,232 times, 1 visits today)