Rahasia Agar Badan Tetap Fit Saat Ramadhan Ternyata Ada Di Dalam Kepala Kita Sendiri

488 views
diet

Dailymoslem – Saat sedang berpuasa, seringkali kita merasa tidak fit karena kita tidak mengonsumsi makanan sejumlah yang biasanya kita konsumsi. Rasa lelah, ngantuk dan lapar seringkali menghambat berbagai aktivitas kita.

Tapi, hal tersebut tidak akan terjadi seandainya kita memahami betul esensi dari puasa itu sendiri, karena sebenarnya puasa adalah cara untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami.

Sebaiknya kamu memahami betul poin-poin berikut ini agar kamu bisa tetap fit pada saat berpuasa.

Fokus Pada Ibadah, Bukan Memasak

Banyak dari kita yang justru fokus pada memasak untuk sahur dan buka daripada ibadahnya sendiri pada bulan puasa. Kita sibuk memasak makanan spesial untuk sahur dan buka sehingga melupakan ibadah-ibadah yang seharusnya bisa kita maksimalkan di bulan Ramadhan. Sebagai orang yang sudah menahan lapar seharian, kita pasti menginginkan makanan yang lezat saat buka puasa. Namun, kita harus ingat bahwa esensi dari puasa ini sendiri adalah beribadah dan bukan soal buka dan sahur saja.

Buka dan sahur merupakan waktu untuk kita memberi energi secukupnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Lagipula, kita akan mendapatkan perayaan yang sesungguhnya di hari Lebaran nanti.

Memperhatikan Asupan Gizi

Sebelum memulai puasa, kita juga harus memahami asupan gizi yang dibutuhkan tubuh untuk berpuasa. Pastikan kamu memberi asupan gizi yang tepat pada tubuh saat sahur dan buka. Misalnya dengan banyak minum air putih pada saat malam hari, mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah yang tepat, juga banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat.

Perhatikan juga menu buka dan sahur kamu setiap hari. Makan makanan lezat boleh saja, tapi ingat, jangan terlalu banyak makan makanan berminyak yang justru akan menimbun penyakit di tubuh. Tapi, bukan berarti tidak boleh makan makanan berlemak juga, karena tubuh tetap membutuhkan lemak dengan porsi yang wajar. Intinya, pastikan semua asupan gizi yang diperlukan tubuh seperti serat, lemak, protein, kalsium dan mineral terpenuhi dengan tepat.

Memahami Fungsi Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Hal terakhir yang harus kita pahami adalah bahwa puasa bukanlah momen melaparkan diri, tapi cara untuk tubuh mendetoksifikasi tubuh secara alami. Menurut penelitian, ketika tubuh tidak mengonsumsi apapun selama satu hari penuh, maka tubuh melakukan detoksifikasi secara alami. Dengan memahami hal ini, kita juga akan mengontrol otak untuk tidak terus-terusan merasai lapar yang terasa di perut.

Selamat menyambut Ramadhan!

(Visited 402 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS