Puasa Senin-Kamis dan Puasa Sya’ban, Persiapan Jasmaniah dan Rohaniah untuk Hadapi Ramadhan

401 views
sawm

Dailymoslem – Meski kita harus bersusah-susah berpuasa selama sebulan penuh, namun bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang ditunggu-tunggu umat Muslim. Ada begitu banyak perayaan dan keistimewaan yang bisa dirayakan umat Muslim di bulan ini.

Namun, ada beberapa hal yang harus kita siapkan agar di bulan pernuh berkah ini kita bisa beribadah dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Mulai dari kesiapan secara rohani, maupun kesiapan secara jasmani agar kita bisa menjalankan ibadah dengan kondisi badan yang fit dan maksimal.

Nah, salah satu ibadah yang bisa kita jadikan sebagai cara untuk menyiapkan diri menuju bulan Ramdhan adalah berpuasa sunnah untuk membiasakan diri kita berpuasa.

Puasa Senin-Kamis

Hari pertama puasa bisa menjadi hari yang cukup melelahkan setelah sekian lama kita tidak berpuasa. Tiba-tiba kita harus menahan haus dan lapar seharian. Nah, untuk menghindari hal ini, ada baiknya kita melatih diri kita dengan berpuasa setidaknya dua kali dalam seminggu, setiap Senin dan Kamis seperti yang dicontohkan Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam.

Puasa Sya’ban

Bulan Sya’ban, sebulan sebelum Ramadhan, merupakan salah satu bulan yang sering dimanfaatkan Rasul untuk melakukan berbagai ibadah tambahan yang tidak dilakukan di bulan-bulan sebelumnya, salah satunya adalah berpuasa Sya’ban.

Diriwayatkan oleh Nasa’i dan Abu Daud serta dishahihkan oleh Ibnu Huzaimah dari Usamah bin Zaid, dia berkata, saya bertanya: “Wahai Rasulullah, aku tidak melihat engkau (sering) berpuasa dalam satu bulan seperti engkau berpuasa di bulan Sya’ban?”  Beliau bersabda: “Itu adalah bulan yang kebanyakan orang melalaikannya yaitu antara    Rajab dan Ramadhan. Yaitu bulan yang di dalamnya di angkat amalan-amalan kepada Allah, Tuhan seluruh alam. Maka aku ingin amalanku di angkat, aku dalam kondisi berpuasa.” (Dinyatakan hasan   oleh Al-Albany dalam Shahih An-Nasa’i, no. 2221)

(Baca juga: Perbayak Puasa Sunnah Di Bulan Sya’ban, Sebagaimana yang Dicontohkan Rasulullah)

Yuk, kita sambut bulan Ramadhan dengan kesiapan jasmani dan rohani agar kita dapat beribadah dengan maksimal.

(Visited 566 times, 1 visits today)