Maksimalkan Produktivitas Di Bulan Ramadhan

649 views
produktivitas

Dailymoslem – Di bulan Ramadhan, seringkali puasa menghambat kita untuk memaksimalkan berbagai aktivitas. Namun, sebenarnya hal tersebut terjadi karena tubuh kita yang tidak terbiasa berpuasa secara terus-menerus setiap hari.

Puasa sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Memaksimalkan produktivitas pada saat puasa bisa kita lakukan dengan latihan dan kebiasaan.

Produktivitas juga tidak selalu terpaku pada hasil duniawi, banyaknya kegiatan ibadah juga termasuk ke dalam produktivitas.

Nah, agar ibadah puasa kita tidak sia-sia, yuk maksimalkan produktivitas kita saat puasa dengan tiga tingkatan produktivitas berikut ini.

Produktivitas spiritual

Jenis produktivitas satu ini tercermin dari ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan. Selain puasa juga bisa berupa sholat tarawih, sholat sunnah, membaca Qur’an dan juga sholat malam. Produktivitas ini dimaksimalkan agar kita mendapat berkah dalam menjalani hidup, baik berkah dalam harta, berkah dalam kesehatan, berkah dalam keluarga, berkah dalam pekerjaan dan semua yang kita lakukan di dunia ini.

(Baca juga: 8 Aplikasi Smartphone untuk Mudahkan Ibadah)

Produktivitas Fisik

Jenis produktivitas satu ini berfokus pada diri sendiri, dengan memaksimalkan berbagai kegiatan yang bisa membawa kita pada hal-hal positif. Misalnya lebih banyak menjalankan hobi yang mengasah kemampuan kita hingga akhirnya bisa menghasilkan sesuatu dari hobi tersebut.

(Baca juga: 10 Tips untuk Menjadi Muslimah yang Lebih Produktif)

Produktivitas Sosial

Produktivitas yang satu ini berfokus pada sesuatu yang bisa kita lakukan untuk orang-orang di sekitar kita. Misalnya melakukan sesuatu untuk membantu keluarga, tetangga dan juga berpartisipasi dalam kegiatan sosial dengan skala yang lebih besar. Produktivitas satu ini membantu kita untuk lebih sensitive pada keadaan sekitar dan tidak terus-menerus melihat diri kita sendiri. Produktivitas jenis ini juga akan melatih kita tentang kerendahan hati.

Selamat menyambut Ramadhan!

(Visited 467 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS