Hindari Kesalahan Ini Saat Menyiapkan Bahan Makanan untuk Bulan Ramadhan

545 views
belanja ramadhan

Dailymoslem – Menjelang bulan Ramadhan, banyak ibu rumah tangga yang mulai menyiapkan santapan untuk sahur dan buka puasa. Tak jarang para ibu rumah tangga menyiapkan perisapan makanan untuk bulan Ramadhan sejak jauh-jauh hari. Apalagi, di bulan Ramadhan biasanya harga pokok mulai meningkat hingga menjelang Lebaran.

Tapi, ada beberapa kesalahan menyiapkan bahan makanan untuk bulan Ramadhan yang justru malah membuat kita semakin boros karena membeli bahan pokok yang tidak tepat sehingga banyak bahan yang terbuang dan bahan yang tidak dibutuhkan justru belum dibeli.

(Baca juga: Jelang Ramadhan, Siapkan Hal-Hal Berikut Ini Di Dapur Anda)

Nah, untuk agar hal tersebut tidak terjadi, hindari kesalahan-kesalahan berikut ini saat menyiapkan bahan pokok untuk bulan Ramadhan.

Tidak Menyiapkan Menu

Belanja tanpa tahu apa yang dimasak hanya akan membuat kita membeli segala sesuatu tanpa kontrol. Jadi, siapkan dulu menu yang akan dimasak setidaknya sampai seminggu ke depan, sehingga kita tahu apa saja yang harus dibeli saat berbelanja.

Menyiapkan Menu Tanpa Strategi

Menyiapkan menu saja juga tidak cukup, tapi harus disertai dengan strategi memasak. Misalnya jika di hari pertama sahur kita memasak rendang, maka perkirakan untuk berapa hari rendang tersebut bisa bertahan. Misalnya 3 hari, kemudian kita bisa memikirkan stok makanan untuk hari keempat hingga hari keenam untuk minggu pertama berupa makanan yang dibekukan seperti nugget.

Belanja Bahan Tanpa Persiapan Memasak

Meskipun sudah belanja banyak dan menyimpan stok atau beberapa hari atau beberapa minggu ke depan, tetap saja akan menghabiskan banyak waktu jika tidak menyertainya dengan persiapan. Misalnya jika anda sudah membeli bawang merah dan bawang putih, anda bisa mengupas dan mengirisnya saat ada waktu luang kemudian menyimpannya di wadah kedap udara di dalam lemari pendingin. Jadi saat hendak memasak, bawang sudah siap digunakan dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengolahnya.

Tidak Membedakan Mana Makanan yang Bisa Distok Lama dan Mana yang Tidak

Saat belanja, kita juga harus membedakan mana makanan yang bisa distok lama dan mana yang tidak. Kita bisa membeli makanan yang bisa distok lama dalam jumlah banyak seperti telur, beras atau bumbu dapur. Tapi untuk makanan seperti sayuran, sebaiknya hanya belanja untuk satu atau dua minggu ke depan, itupun harus disimpan dengan baik dan kering di dalam wadah kedap udara di lemari es.

(Baca juga: Makanan-Makanan Ini Harus Ada Di Dapurmu Selama Bulan Ramadhan)

Terlalu Boros

Inilah pentingnya merencanakan menu dan strategi memasak sejak awal, sehingga kita tidak kalap dan membeli terlalu banyak bahan makanan saat belanja. Kalau perlu, anggarkan juga budget tertentu untuk pembelanjaan sehingga anda tidak akan belanja melebihi budget yang sudah ditentukan.

Selamat menyambut Ramadhan!

(Visited 603 times, 1 visits today)