Dua Do’a Penting Di Bulan Ramadhan

519 views
pray

Dailymoslem – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi seluruh umat muslim. Bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan yang penuh ampunan. Ini adalah saatnya umat muslim memprioritaskan ibadah atas segala sesuatu.

Di bulan Ramadhan ini juga ada dua do’a penting yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Do’a Setelah Berbuka Puasa

Pada saat hendak berbuka puasa, biasanya kita membaca do’a allahumma laka sumtu wa bika aamantu wa ‘alaa rizqika afthartu birahmatika ya arhamarrohimin (Ya Allah bagi Engkau aku berpuasa dan dengan Engkau aku beriman dan dengan rezeki Engkau aku berbuka dengan rahmat Engkau wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.)

Namun, Rasulullah juga mencontohkan do’a lain setelah berbuka puasa. Do’a ini maksudnya lebih kepada mensyukuri rahmat yang diturunkan Allah kepada kita setelah kita berpuasa. Do’anya adalah:

Zahabaz Zama’u wab tal latil uruqoo wa sabbatal ajr InshaAllah. Artinya: telah hilang dahaga dan telah basah urat-urat dan telah tetap pahala, insya Allah

Ibn Umar berkata, Nabi sallallahu `alaihi wa sallam ketika telah berbuka puasa mengucapkan, “Zahabaz zama’u wab tal latil ‘u ruu qu wa sa batal ajru InsyaAllah.”

(Hadis diriwayatkan oleh Abu Daud #2357, Al-Daaraquthni #25, Ibn Hajar dalam al-Talhis al-Habiir (2/202)] Al-Daaraquthni mengatakan bahawa hadis ini hasan)

(Baca juga: Berdoalah, Karena Sesungguhnya Allah Itu Dekat)

Do’a Di Sepuluh Malam Terakhir Bulan Ramadhan

Do’a satu ini baiknya dilafalkan pada saat atau setelah kita melakukan ibadah di malam laylatul qadr. Namun, karena tidak ada seorangpun yang tahu kapankan malam laylatul qadr itu, maka bacaan ini dianjurkan di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan yang memungkinkan turunnya laylatul qadr. Do’anya adalah:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’. Artinya: ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku

“Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?” Beliau menjawab, “Katakanlah: ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).”

(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Nah, itulah dua do’a penting di bulan Ramadhan yang bisa kita praktekkan agar bulan Ramadhan kita kali ini semakin berkah untuk kita semua. Yuk, sambut bulan Ramadhan dengan hati yang bersih dan siap beribadah.

(Baca juga: 14 Waktu yang Mustajab untuk Berdo’a Agar Dikabulkan)

(Visited 444 times, 2 visits today)