Agar Acara Buka Bersama Tidak Mengganggu Ibadah, Lakukan Hal-Hal Berikut Ini

563 views
bukber

Dailymoslem – Ramadhan seringkali menjadi sarana untuk berkumpul kembali dengan teman-teman yang sudah lama tidak kita temui.

Yup, berbagai acara buka bersama dengan teman SD, SMP, SMA sampai teman kuliah mulai dijadwalkan bahkan sebelum puasa hari pertama. Buka bersama dengan teman-teman lama memang baik untuk menjalin tali silaturahmi. Namun, jangan sampai acara buka bersama tersebut justru membuat kita keasyikan sampai lalai melakukan ibadah lainnya.

Nah, agal hal tersebut tidak terjadi, lakukan hal-hal berikut ini saat buka bersama.

Mempercepat Buka Puasa Agar Bisa Segera Sholat Magrib

Jika kita ingin lebih lama mengobrol dengan teman-teman, jadwalkanlah acara buka beberapa jam sebelum jam buka, misalnya mulai dari jam tiga. Selain bisa lebih banyak mengobrol, kita juga bisa membooking meja di restoran sejak siang dan sekalian menghabiskan waktu untuk ngabuburit.

Berdo’a Ketika Berbuka Puasa

Agar saat-saat berbuka kita juga menjadi berkah, jangan lupa untuk mengucpa do’a berbuka dulu sebelum berbuka puasa. Selain itu, melantunkan harapan kita saat berbuka juga dapat menjadi ibadah yang menenangkan, apalagi doanya orang berpuasa saat berbuka merupakan salah satu do’a yang mustajab.

“Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi)

(Baca juga: Sempurnakan Ramadhan dengan 10 Ibadah Sunnah Ini)

Ikut Berpartisipasi Buka Bersama Anak Yatim Di Masjid

Agar acara buka bersama kita semakin bermakna, tidak ada salahnya mengundang anak yatim untuk berbuka bersama di masjid atau di rumah kita.

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (Tirmidzi)

Tidak Berlama-Lama Sehingga Meninggalkan Shalat Tarawih

Terlalu asyik berkumpul dengan teman lama juga seringkali membuat kita lupa menjalankan salah satu ibadah istimewa yang hanya ada di bulan Ramadhan, yaitu sholat tarawih. Sama seperti cara pertama tadi, jadwalkan buka bersama sejak beberapa jam sebelum jam berbuka sehingga kita punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama sehingga bisa pulang sebelum waktunya sholat tarawih.

(Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Di Bulan Ramadhan)

Jangan Menolak Undangan Buka Bersama

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)”. (Riwayat Muslim)

Selamat menyambut Ramadhan!

(Visited 1,115 times, 1 visits today)