6 Persiapan Rohaniah untuk Sambut Ramadhan

805 views
7 Dzikir Lancar Rezeki

Dailymoslem – Ramadhan, bulan paling istimewa untuk umat Muslim, adalah bulan yang paling ditunggu sepanjang tahun. Maka, ketika bulan itu datang, semua orang berlomba untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

Tiga puluh hari yang penuh keberkahan akan terasa begitu sebentar. Jadi, yuk kita siapkan iman kita dari sekarang agar di bulan Ramadhan ini kita dapat menikmati indahnya ibadah kepada Allah dengan hati yang penuh dan sungguh-sungguh.

Inilah 5 hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keimanan kita agar di bulan Ramadhan nanti kita bisa beribadah dengan iman yang terisi penuh.

Berdo’a Agar Diberikan Jalan yang Lurus oleh Allah, Berserah Diri dan Bertawakkal

Salah satu ciri kepercayaan kita kepada Allah adalah tawakkal atau berserah diri. Kita serahkan segala yang menjadi kegundahan hati kepada Allah, biar Allah yang menentukan dan menggariskan hidup kita. Selain itu, berdoalah juga untuk selalu diberikan jalan yang lurus, agar kita selalu berada di jalan Allah.

(Baca juga: Berdoalah, Karena Sesunggunhnya Allah Itu Dekat)

 Meminta Ampunan Kepada Allah

Sebelum kita menemui bulan Ramadhan, bertaubatlah dan minta ampun kepada Allah untuk segala dosa yang telah kita lakukan di setahun ke belakang, baik dosa yang kita sadari maupun yang kita sadari. Kemudian berusahalah untuk mengurangi berbuat dosa di masa mendatang, karena taubat yang sesungguhnya adalah dengan tidak mengulangi dosa yang telah kita lakukan.

Memberi Sedekah

Islam merupakan agama yang penuh cinta dan kedamaian. Maka, sebelum memasuki bulan yang penuh keberkahan, penuhilah hati kita dengan cinta kepada sesama umat muslim dan seluruh umat di dunia. Perbanyaklah bersedekah dan berbagi dengan sesame agar cinta dan kebahagiaan itu semakin terasa.

(Baca juga: Keutamaan Bersedekah Di Hari Jum’at)

Lebih Sering Membaca Qur’an

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an, tepatnya di malam nuzulul Qur’an atau malam ke 12 bulan Ramadhan. Maka, inilah saatnya kita kembali membaca dan mempelajari Al-Qur’an, layaknya kita baru mengenali kitab pedoman hidup umat Muslim ini. Mempelajari Al-Qur’an dari awal, menemukan hal-hal di dalam Qur’an yang mungkin luput dari perhatian kita sebelumnya.

Perbanyak Puasa Sunnah

Agar di bulan Ramadhan nanti kita sudah terbiasa dengan puasa, maka mulailah melakukan ibadah puasa sunnah di bulan Sya’ban ini. Baik puasa Sya’ban maupun puasa Senin-Kamis, agar fisik kita tidak kaget saat menghadapi puasa selama sebulan penuh nantinya.

Prioritaskan Sholat dan Perbanyak Sholat Malam

Sholat merupakan tiangnya keimanan bagi umat muslim. Jadi, mengutamakan sholat tentu menjadi poin utama untuk meningkatkan keimanan. Mulailah dengan meningkatkan kualitas sholat kita. Nikmati setiap gerakan sholat secara jasmaniah dan rohaniah. Di bulan Ramadhan nanti, selain sholat tarawih dan witir juga kita disarankan melakukan berbagai sholat malam dan itikaf di masjid. Maka, latihlah jasmani dan rohani kita mulai sekarang dengan memperbanyak sholat malam.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keimanan agar bisa beribadah dengan sepenuh hati di bulan Ramadhan nanti.

Selamat menyambut Ramadhan!

(Visited 953 times, 1 visits today)