5 Langkah untuk Menghilangkan Malas Saat Puasa

457 views
malas

Dailymoslem – Rasa lapar dan kurangnya konsumsi makanan seringkali membuat orang kekurangan energi dan merasa malas untuk beraktivitas saat sedang berpuasa. Padahal, hal ini terjadi karena tubuh kita yang tidak terbiasa berpuasa.

Kebiasaan kita sejak bangun hingga tidur kembali dapat sangat berpengaruh untuk rasa malas dan kekurangan energi yang dirasakan di siang hari. Nah, agar di sepanjang bulan Ramadhan ini kamu terhindar dari rasa malas seharian, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

Tidur Lebih Cepat, Bangun Lebih Cepat

Saat berpuasa, kita harus bangun jauh lebih cepat dari biasanya karena harus sahur. Nah, agar kita tidak susah bangun saat sahur dan agar kita juga tidak terjebak bermalas-malasan setelah sahur, sebaiknya kita pergi tidur lebih awal setelah sholat tarawih.

(Baca juga: Tidur Seperti yang Akan Mendatangkan Pahala Saat Puasa)

Tetapkan Target yang Tinggi Agar Banyak Kesibukan Selama Ramadhan

Salah satu cara untuk menghindarkan diri dari kemalasan adalah mendekatkan diri pada kesibukan. Jadi, padatkan sebisa mungkin schedule kamu di Ramadhan kali ini dengan aktivitas atau dengan ibadah. Mulai dari selepas sahur, pagi hari, siang sampai sore hari.

Jauhkan Diri Dari Hal yang Menyebabkan Kemalasan

Agar kamu lebih patuh pada schedule yang sudah kamu tentukan, pastikan kamu menjauhkan diri dari hal-hal yang menyebabkan kemalasan seperti TV, sosial media, games atau mungkin kasur.

Jaga Konsistensi Dalam Melakukan Ibadah

Seringkali ibadah yang dilakukan lebih banyak di awal bulan Ramadhan dan semakin menurun dari hari ke hari. Tetapkan kedisiplinan di dalam diri agar terus menjaga konsistensi ibadah, menjaga sholat awal waktu, menjaga tadarus, menjaga sholat tarawih dan ibadah lainnya.

(Baca juga: Belajar Puasa Dari Pohon Jati)

Makan Sehat

Makanan juga bisa berpengaruh pada kemalasan dan kekurangan energi yang kita rasakan di siang hari. Perbanyak makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti sumber protein (telur dan daging), buah-buahan, sayuran, kurma, susu, yoghurt dan minuman yang menutrisi seperti air putih atau lemon.

Selamat menunaikan ibadah puasa!

(Visited 701 times, 1 visits today)