5 Cara Membuang Kebiasaan Buruk Di Bulan Ramadhan

1150 views
kebiasaan baik

Dailymoslem – Di bulan Ramadhan, kita akan dihadapkan pada berbagai ibadah rutin yang mungkin tidak kita lakukan di bulan-bulan sebelumnya. Banyak dari kita yang masih kesulitan beradaptasi dengan pola ibadah yang begitu kencang di bulan Ramadhan dan masih sulit meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti menunda sholat, terlalu banyak bermain game daripada mengaji, makan terlalu banyak setiap hari dan kebiasaan buruk lainnya.

Nah, agar kita bisa meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk kita dan bisa beribadah lebih maksimal di bulan Ramadhan nanti, yuk coba jalankan 5 cara berikut ini.

Mengakui Kebiasaan Buruk Tersebut

Hal pertama yang harus kita lakukan tentu mengakui kebiasaan buruk tersebut. Kita tidak akan berhenti bermain handphone di subuh hari sebelum sholat jika kita sendiri tidak mengakui bahwa hal tersebut adalah kebiasaan buruk. Maka, carilah dulu apa saja kebiasaan buruk kita sebelum memperbaikinya.

Memohon Petunjuk dan Bimbingan Allah

Jarak paling dekat antara seorang hamba dengan Allah adalah ketika berdoa. Maka berdoalah kepada Allah di setiap sholat, mohonkan agar Allah selalu memberi petunjuk dan membimbing kita untuk terus menjadi lebih baik lagi.

Rencanakan Kebiasaan Baik yang Bisa Mengganti Kebiasaan Buruk Tersebut

Langkah selanjutnyna adalah merencanakan kebiasaan baik yang akan kita lakukan untuk menggantikan atau menghindari kita melakukan kebiasaan buruk tersebut. Misalnya, jika kebiasaan buruknya adalah gampang marah, maka kamu bisa mendengarkan lagi yang menenangkan setiap pagi, atau membaca Qur’an setiap pagi agar mood kamu bagus seharian.

Lakukan Ibadah dan Kebiasaan Baik Bersama Teman

Kebiasaan yang baik memang kadang susah untuk dibiasakan. Kebiasaan ini akan terasa ringan jika kita lakukan dengan teman-teman seperjuangan yang sama-sama sedang berusaha menuju kebaikan. Selain bisa saling mengingatkan, dengan keberadaan teman-teman juga kita merasa ada teman untuk berbagi.

(Baca juga: Ngaji Bareng ODOJ, Ajakan yang Dimulai Dari Souvenir Pernikahan)

Beri Reward untuk Diri Sendiri

Agar kamu merasa terpacu untuk meninggalkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan baik, kamu bisa menentukan reward tertentu jika kamu berhasil melakukannya. Misalnya jika seharian ini kamu sudah berhasil meninggalkan kebiasaan buruk menunda sholat, kamu bisa memberi reward dengan buka puasa di restoran favoritmu. Atau jika kamu berhasil menunda kebiasaan burukmu sebulan penuh, kamu boleh membeli baju lebaran yang sudah kamu intip sejak sebelum masuk Ramadhan.

(Baca juga: Jelang Ramadhan, Desainer Busana Muslim Berlomba Keluarkan Koleksi Lebaran)

Nah, jika kita sudah berhasil menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, jangan lupa untuk terus melanjutkan di bulan-bulan berikutnya, ya! Karena sesungguhnya bulan Ramadhan adalah training bagi kita agar bisa lebih siap dalam menjalani berbagai godaan di bulan-bulan berikutnya.

(Visited 3,486 times, 1 visits today)