Subhanallah, Siapapun Akan Terpana Melihat Keindahan 5 Masjid Ini

241 views Leave a comment
Subhanallah, Siapapun Akan Terpana Melihat Keindahan 5 Masjid Ini

Dailymoslem – Islam memiliki kebudayaan yang kaya dan indah, hal tersebut tercermin dalam gaya arsitektur berbagai bangunan khas Islam seperti masjid. Tak hanya kubah yang berdiri megah atau kaligrafi yang meliuk indah, berbagai elemen arsitektur lainnya seperti ukiran dinding hingga bentuk bangunan akan membuatmu menghela napas dalam-dalam demi menikmati keindahannya.

Berikut ini keindahan 5 masjid di berbagai belahan dunia yang akan membuat siapapun terpana melihatnya.

Masjid Jameh, Isfahan, Iran

Masjid Jameh dibangun dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu sejak abad ke 7 hingga abad ke 20. Arsitektur masjid inimenunjukkan kemewahan budaya Islam di tengah kejayaan kerajaan Persia.

isafahan 1

isafahan 2

Masjid Hasan II, Casablanca, Maroko

Gaya arsitektur Maroko memang terkenal sebagai ciri khas budaya Islam yang menawan. Di Masjid Hasan II yang terletak di Casablanca ini kita bisa melihat gaya arsitektur Maroko yang fantastis. Masjid ini berlokasi di tepi samudera Atlantik dan tercatat sebagai masjid terbesar di benua Afrika. Masjid ini juga tercatat sebagai masjid dengan menara tertinggi di dunia.

morocco 2

morocco

Masjid Nasir Al-Mulk, Shiraz, Iran

Di masjid ini kamu bisa melihat warna-warna yang berbaur indah berasal dari mozaik di dinding-dinding masjid. Dengan sinar matahari di pagi hari, warna-warni mozaik di masjid ini akan terasa semakin indah. Keindahan masjid ini juga menyimpan sejarah kejayaan kerajaan Persia.

shiraz 1

shiraz 2

shiraz 3

Blue Mosque, Istanbul

Arsitektur Blue Mosque di Istanbul ini sangat menggambarkan kejayaan kerajaan Islam pada masanya. Selain karena keindahan arsitekturnya yang mewah dan elegan, masjid ini juga terkenal karena komunitasnya dari kalangan masyarakat lokal maupun turis. Kelebihan lain masjid ini juga adalah khutbah Jum’at yang sering ditampilkan dengan berbagai bahasa.

blue mosque

blue msq

Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan

Masjid ini dibangun pada tahun 1671 oleh generasi keenam Dinasti Moghul. Masjid ini mengadaptasi gaya arsitektur Timur Tengah dengan ciri khas Asia yang menjadikan masjid ini masjid terbesar kedua di Asia. Warna basic yang mendominasi masjid ini menjadi pemandangan yang harmoni berdampingan dengan latar belakang keindahan langit siang maupun petang. Kemegahan dan kedamaian jelas terasa di masjid ini.

badshahi 2

badshahi

Sumber: Mvslim

(Visited 186 times, 1 visits today)