Masjid Sultan Abdurrahman Alkadrie, Titik Pertama Berdirinya Kota Pontianak

164 views Leave a comment
Masjid Sultan Abdurrahman Alkadrie, Masjid Pertama dan Terbesar di Pontianak

Dailymoslem – Tak lengkap rasanya mengunjungi Pontianak jika tidak berkunjung ke kawasan sungai Kapuas. Suangai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia. Selain itu, kawasan sungai Kapuas yang terletak di timur Pontianak ini juga merupakan detak jantung kota Pontianak. Di sinilah sejarah kota Pontianak bermula, di tangan seorang sultan yang melakukan perjalanan dari kerajaan Mempawah dengan menyusuri sungai Kapuas.

Ia pergi merantau untuk menyebarkan agama Islam, lalu menikahi seorang adik sultan dan sukses dalam perdagangannya sehingga memiliki modal untuk membuka sebuah pemukiman baru. Ia menebas hutan sekitar sungai Kapuas dan mendirikan Istana Kesultanan Kadariah sebelum kemudian membuat Masjid Jami’ yang pada awalnya hanya sebuah langgar sederhana, kemudian dipugar oleh sultan-sultan selanjutnya dan diubah namanya menjadi Masjid Sultan Abdurrahman Alkadrie sebagai tanda penghormatan bagi pendiri kota Pontianak ini.

Selain merupakan mesjid pertama di Pontianak, mesjid yang berhadapan langsung dengan sungai Kapuas ini juga merupakan mesjid terbesar di Pontianak. Semenjak pembangunan pertamanya oleh Sultan Abdurrahman Alkadrie, masjid jami ini mengalami beberapa pemugaran oleh sultan-sultan selanjutnya, pemugaran pertama dilakukan oleh Sultan Syarif Usman, putra dari Sultan Abdurrahman Alkadrie pada masa pemerintahannya. Pada saat waktu shalat tarawih di bulan Ramadhan dan pada waktu shalat Jum’at di hari Jum’at, mesjid yang bisa menampung sampai 1.500 jemaah ini akan dipenuhi jemaah sampai bagian luar masjid. Bahkan pada saat Iedul Fitri, jemaah bisa sampai ke sungai Kapuas, ada beberapa jema’ah yang shalat berjamaah dari perahu di sungai Kapuas di hadapan masjid ini.

Baca selengkapnya di sini.

(Visited 205 times, 1 visits today)