Damainya Rumah Peristirahatan Di Kawasan Dago, Bandung

1039 views
dago

Dailymoslem – Sejak zaman dahulu kala, kawasan Dago memang terkenal sebagai kawasan pemukiman yang paling nyaman di kota Bandung.

Kawasan ini awalnya hanyalah jalan setapak yang dilewati oleh para petani dari Lembang untuk menuju ke pasar di kawasan pusat kota untuk menjual hasil bumi mereka. Para petani ini biasanya pergi bersama-sama untuk alasan keamanan, sehingga para petani tersebut “silih dagoan” (Sunda: saling menunggu) di salah satu titik di kawasan ini, hingga kawasan ini dikenal sebagai “Dago” (Sunda: tunggu).

Dari tahun ke tahun, kawasan Dago semakin banyak dilirik oleh para pembesar dan petinggi Belanda, banyak vila-vila peristirahatan didirikan di kawasan ini dengan arsitektur bergaya Eropa. Para arsitek Hindia Belanda mulai memperkenalkan berbagai gaya bangunan di vila-vila di Dago seperti  gaya Art Deco, Straghtline Deco, Nautical Deco, Art Nouveau, hingga kawasan ini menjadi kawasan elite dan nyaman untuk rumah peristirahatan.

Dago yang sekarang memang jauh berbeda dengan Dago yang dulu, Dago yang di sepanjang jalannya ditumbuhi pohon damar sehingga para pejalan kaki nyaman untuk berjalan melaluinya. Sekarang, sepanjang jalan Dago sudah dipenuhi oleh mall, factory outlet, hotel, bank dan juga pusat bisnis lainnya.

Namun, kawasan Dago juga masih punya banyak titik yang bisa anda manfaatkan untuk membangun rumah peristirahatan yang nyaman dan damai. Misalnya di kawasan Dago Giri, Dago Atas atau di daerah Bukit Maribaya.

Agar suasana istirahat terasa lebih nyaman, anda bisa membangun rumah dari kayu yang akan terasa sejuk di siang hari dan terasa hangat di malam hari.

img_2665

Selain rumah dari kayu, dinding dengan aksen batu bata yang tidak dilapisi semen juga bisa memberi kesan lebih segar dan alami.

1

img_2652

Kamar tidur dengan ranjang yang menghadap ke jendela bisa menjadi tempat istirahat yang sempurna di hari libur.

img_2644

Jika masih ada ruang, menempatkan sedikit kolam renang yang menghadap ke pemandangan bisa menjadi tempat relaksasi yang sempurna.

SAM_1346

Jangan lupa untuk menempatkan balkon di sisi yang punya banyak pemandangan indah ke ujung sana.

DEO_6937

Membuat dinding kaca yang menghadap ke pemandangan juga bisa menjadi spot yang sempurna untuk menikmati Bandung di kala hujan.

2015-03-08_--00-9029_1_joglo2

Dago memang selalu menjadi titik paling nyaman di kota Bandung, membangun rumah peristirahatan di sini tak lain dari investasi yang tak mungkin merugi. Tapi, kita juga harus ingat untuk tetap memperhatikan aturan dan menjaga alam agar keindahan ini bisa dinikmati hingga ke anak cucu kita nanti.

(Visited 913 times, 1 visits today)