Sarah Widyanti Kusuma: Saya Lebih Suka Membawa Pesawat Sendiri Daripada Menjadi Penumpang

1031 views

Dailymoslem – Pilot merupakan salah satu profesi yang banyak dilakoni oleh pria daripada wanita. Namun, Sarah Widyanti Kusuma, perempuan yang dulunya bercita-cita menjadi seorang astronot ini kini berhasil menjadi pilot wanita termuda di Indonesia.

Perempuan berusia 27 tahun ini memulai karirnya setelah lulus dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Jawa Barat. Kini Sarah merupakan pilot di maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Keputusannya untuk menjadi seorang pilot telah diambilnya sejak duduk di bangku kelas 3 SMU. Maka, Sarah langsung melanjutkan sekolahnya ke STPI Curug setelah lepas dari bangku SMA.

“Profesi ini buat saya masih jarang untuk wanita. Wanita masih jadi minoritas, makanya saya tertarik. Profesi ini menuntut kita untuk disiplin, selain itu saya juga suka┬átravelling,” tutur Sarah, dilansir dari female.kompas.com.

Pada saat menjalani pendidikan sekolah penerbangan, Sarah juga merupakan satu-satunya murid perempuan di antara 34 murid laki-laki. Meski begitu, Sarah bisa dengan mudah beradaptasi dengan pendidikan semi militer yang dialaminya itu.

Menjadi seorang pilot, Sarah merasa bertanggung jawab atas ratusan nyawa saat dirinya harus menerbangkan pesawat. Namun, ia mengaku lebih suka mengemudikan pesawat sendiri daripada menjadi penumpang.

“Saya merasa bertanggung jawab atas ratusan nyawa. Saya bangga. Kalau sekarang saya merasa lebih enak membawa pesawat sendiri daripada menjadi penumpang karena saya tahu persis kondisinya,”

Setelah sukses menjadi seorang pilot komersil, Sarah masih memiliki cita-cita untuk mengikuti pendidikan khusus untuk menjadi seorang kapten pilot. Menurutnya, goal seorang pilot adalah menjadi kapten.

Wah, penuh sekali ya, pilot muda satu ini. Semoga Allah meridhoi segala cita-citanya. Aamiin.

(Visited 619 times, 1 visits today)