Profesor Jackie Ying, Muslimah Cerdas dengan Prestasi yang Mengagumkan

136 views Leave a comment
Profesor Jackie Ying, Muslimah Cerdas dengan Prestasi yang Mengagumkan

Dailymoslem – Di dunia barat, perempuan Muslim seringkali dianggap tertekan dan dianggap sebelah mata. Namun, nyatanya Muslimah dari berbagai belahan dunia semakin banyak yang menunjukkan prestasinya di berbagai bidang.

Salah satunya adalah Profesor Jackie Y. Ying dari Taipei yang mencetak prestasi yang mengagumkan. Profesor Jackie lahir pada tahun 1966 di Taipei, ia tumbuh besar di Singapura dan New York. Sejak kecil, profesor Jackie Y. Ying bersekolah di sekolah terbaik di Singapura, yaitu Raffle Girl’s School. Saat usianya 15 tahun, ia pindah ke New York dan meneruskan sekolah selanjutnya hingga lulus di The Cooper Union jurusan Teknik Kimia pada tahun 1987 dengan predikat summa cumlaude, yang artinya beliau mendapatkan IPK sempurna 4,00.

(Baca juga: Sally El-Biely, Muslimah Ahli Elektro yang Berprestasi)

Setelah itu, beliau kemudian melanjutkan pendidikan di Princeton University, beliau mendapatkan gelar MA pada 1988 dan gelar PhD pada tahun 1991 di jurusan Teknik Kimia. Profesor Jackie Y. Ying kemudian menjadi profesor di Massachusetts Institute of Technology atau MIT. Di sana, beliau menjadi profesor yang paling muda.

Saat ini, beliau menjabat sebagai Executive Director di Institute of Bioengineering and Nanotechnology (IBN) di Singapura. Profesor Ying telah menerima banyak penghargaan dari penelitian yang dilakukannya. Di antaranya adalah Advisory Board of the Society untuk Biological Engineering, Scienctidic Advisory Boards dari Molecular Frontiers dan Science and Technology Catalysis Center di King Abdullah University.

(Baca juga: Carolyn Walker, Hakim Pertama Di Brooklyn yang Bersumpah Profesi Di Atas Al-Qur’an)

Beliau juga menerima penghargaan sebagau Honorary Professor di King Saud University (Arab), Jilin Uniersity (Cina), Sichuan University (Cina) dan Nanyang Technological University (Singapura). Beliau juga menjabat sebagai Editor-in-Chief di Nano Today, sebuah jurnal akademik internasional yang didedikasikan untuk penelitian dan teknologi nano.

Perusahaan yang ia dirikan, SmartCells, Inc., juga menemukan sebuah penemuan yang dapat mengontrol insulin berdasarkan gula darah yang dapat membantu menyembuhkan penyakit diabetes, hyperglicemic dan hypoglicamic. Bersama timnya, beliau mengembangkan nano partikel yang sensitif terhadap glukosa untuk dapat mengatur untuk mengeluarkan insulin berdasarkan tingkat gula darah.

Berkat penemuan yang mengagumkan tersebut, Profesor Ying menerima penghargaan Mustafa Prize sebagai “Top Scientific Achievement” pada 24 Desember 2015 lalu. Mustafa Prize merupakan penghargaan senilai 500.000 dollar yang berdedikasi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia yang diberikan secara rutin setiap dua tahun untuk peneliti terbaik yang merupakan anggota dari Organizatio of Islamic Cooperation.

Sumber: Mvslim.com

(Visited 159 times, 1 visits today)