Opick, Rajanya Lagu Religi yang Sudah Ngekost Sejak SD

835 views Leave a comment
Opick, Rajanya Lagu Religi yang Sudah Ngekost Sejak SD

Dailymoslem – Jika kebanyakan orang mungkin memulai untuk tinggal jauh dari orangtua sejak kuliah atau mungkin SMA, maka Opick, pencipta dari kebanyakan lagu religi yang terkenal di Indonesia, sudah mulai tinggal jauh dari orangtua sejak SD. Lingkungannya yang memang perkampungan membuat Opick harus pergi cukup jauh untuk mendapat pendidikan SD.

Tapi, dari situ Opick mendapatkan kemandirian dan jiwa kepemimpinan yang mungkin belum didapatkan teman-teman seusianya, sehingga seringkali dijadikan pemimpin oleh teman-teman sebayanya. Sedangkan darah seninya ternyata mulai mengalir sejak ia duduk di bangku SMP.

Saat SMP, Opick sudah pandai bermain alat musik dan bahkan sudah mempunyai sebuah band berasama teman-temannya yang memiliki hobi serupa.

Pada tahun 1993, pria bernama lengkap Ainur Rofiq Lil Firdaus ini juga mulai tertarik pada dunia teater saat ia berdomisili di Jakarta. Saat itu Opick tinggal sendiri di Jakarta dan sangat ingin bergabung dengan Bengkel Teater yang diketuai oleh seniman Rendra. Opick yang memang terlahir di keluarga pesantren namun karena dirinya yang saat kecil cukup bandel, sehingga pengetahuan agama yang dimilikinya cukup minim.

Saat berdomisili di Jakarta, modal ilmu agama dan juga kemampuan seninya masih sangat minim. Namun, oleh warga sekitar Opick dikenal sebagai santri karena berasal dari keluarga pesantren. Namun sayang Opick merasa kemampuan dirinya dalam bidang ilmu agama sebenarnya masih sangat kurang. Ia menyesal tidak mendalami ilmu agama dengan serius sejak kecil. Sejak saat itulah Opick mulai mempertebal ilmu agamanya dan juga kemampuannya dalam bidang seni. Hal inilah yang kemudian berhasil menjadikan Opick sebagai seniman yang menghasilkan lagu-lagu religi yang melejit di pasaran.

Tahun-tahun pertamanya di Jakarta merupakan salah satu masa terberat dalam hidup lelaki kelahiran 16 Maret 1974 ini. Namun, Opick memiliki cita-cita tinggi dan keinginan kuat untuk menjadi seorang musisi. Setiap subuh dari jam 3 hingga jam 7 pagi Opick selalu bernyanyi di di halte bus Arion, Rawamangun untuk melatih vokalnya, mencari inspirasi dari pengamen jalanan dan juga lalu lalang kendaraan, juga untuk terus meyakinkan dirinya agar tetap mempertahankan cita-citanya untuk menjadi musisi.

Cita-citanya mulai terwujud saat tahun 1990an Opick bersama teman-teman bandnya di Jember yang dinamai Timor Band berhasil membuat album berjudul Nyanyian Perjalanan. Saat itu aliran bandnya adalah rock, tapi Opick menuai banyak suara negatif atas album tersebut karena isi lagunya yang banyak mengkritik orang.

Opick, Rajanya Lagu Religi yang Sudah Ngekost Sejak SD
Opick zaman dulu via twimg.com

Dari situ, Opick kemudian berbalik dari yang tadinya mengkritik oran dari lagu-lagunya, kini mengingatkan orang pada kebaikan.

Opick, Rajanya Lagu Religi yang Sudah Ngekost Sejak SD

Perubahan ini disambut baik oleh masyarakat hingga akhirnya Opick berhasil meluncurkan albumnya yang berjudul Istighfar pada 2005. Setahun kemudian Opick meluncurkan album berikutnya yaitu Semesta Bertasbih yang dibarengi peluncuran buku berjudul Oase Spritual dalam Senandung. Opick terus mengeluarkan album baru setiap tahunnya yaitu Ya Rahman pada 2007, Cahaya hati pada 2008, Dibawah Langit-Mu pada 2009, Shollu Ala Muhammad pada 2010, The Best of Opick pada 2011 dan Salam Ya Rosulullah pada 2012. Selain album musik dan buku, Opick juga merambah dunia film yaitu Kun Fayakun pada 2008 dan Dibawah Langit pada 2010.

(Visited 3,699 times, 1 visits today)