Aktivitas Sehari-Hari Rasulullah SAW dan Cara Pengamalannya

6724 views
kegiatan-sehari-hari-rasulullah

Dailymoslem – Sebagai seorang Muslim, kita memiliki Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam sebagai acuan untuk menjalani hidup. Melalui hadist-hadistnya kita mengikuti segala apa yang dilakukan Rasulullah selama hidupnya, tak terkecuali aktivitas sehari-hari Rasulullah.

Namun, kita juga harus menyesuaikannya dengan kehidupan kita di masa ini jika ingin mengamalkan juga sunnah yang dilakukan Rasulullah sepanjang hari setiap hari.

Berikut ini aktivitas sehari-hari Rasulullah SAW dan cara pengamalannya yang dirangkum dari productivemuslim.com.

Dari Fajar Hingga Terbit Matahari

Bangun dari tidurnya. Saat terbangun dari tidurnya, Rasulullah membaca do’a bangun tidur dan langsung bersiwak. Saat adzan berkumandang, beliau mendengarkan dengan khusyuk dan mengulang setiap kalimat yang diucapkan muadhin, kemudian beliau melakukan sholat sunnah dua raka’at.

Meninggalkan rumah. Ketika meninggalkan rumah, Rasulullah menatap langit dan berdoa: ()

Memasuki masjid. Rasulullah memasuki masjid dengan kaki kanannya terlebih dulu dan berdoa memasuki masjid. Kemudian Rasulullah mengimami shalat shubuh berjama’ah di masjid.

Memberi nasihat. Selepas sholat shubuh, biasanya banyak orang yang mendatangi Rasulullah untuk menanyakan sesuatu atau menceritakan masalah mereka. Maka Rasulullah akan menasihati bahkan terkadang hingga orang-orang menangis.

Kembali ke rumah. Setelah matahari terbit, Rasulullah kembali ke rumahnya dan membaca doa memasuki rumah. Beliau kembali bersiwak dan menyapa seluruh keluarganya. Ia kemudian akan bertanya pada istrinya apakah ada sesuatu yang bisa dimakan. Jika ada, maka Rasulullah akan makan. Jika tidak, beliau akan berkata, “maka aku akan berpuasa.”

Bentuk pengamalan:

Bangun saat adzan subuh

Menggosok gigi atau bersiwak setelah bangun tidur.

Melakukan sholat shubuh berjama’ah di masjid. (bagi laki-laki)

Menikmati waktu setelah shubuh dengan mengingat Allah dan mensyukuri segala nickmatnya.

Kembali ke rumah, menyapa seluruh keluarga memastikan mereka semua baik dan sehat.

Berpuasa jika tidak ada makanan meskipun tidak makan sahur.

(Next: Dari Terbit Matahari Hingga Dhuhur)

(Visited 6,598 times, 69 visits today)