Dar Al-Hajr Istana Yang Tumbuh Dari Batu Besar

674 views

Dailymoslem – Luar biasa, sekitar 15 km dari ibukota Yaman, Sana’a ada istana yang didirikan diatas sebuah batu besar. Istana tersebut diberi nama Dar Al-Hajr yang lebih dikenal sebagai Istana Batu Sang Imam. Istana ini adalah simbol kota Yaman.

Sungguh sangat indah, Dar Al-Hajr menjulang tinggi ditengan oase hijau nan tenang. Bangunan ini sangatlah menarik, jika dilihat secara sekilas Dar Al-Hajr seperti tumbuh dari batu besar yang ada di bawahnya. Menggunakan arsitektur khas Yaman dengan karakteristik lukisan jendela dan tepi.

Yaman pada zaman dahulu tidak dipimpin oleh seorang raja ataupun presiden. Berbeda dari kota-kota lain Yaman dipimpin oleh seorang Imam (pemimpin spiritual Islam). Yahya Hamiddin, adalah seorang Imam yang mendirikan bangunan tersebut sebagai istana musim panas. Namun setelah Yahya Hamiddin meninggal, istana tersebut dibuka untuk umum dan sampai sekarang dijadikan sebuah museum.

Kita dapat membeli tiket untuk masuk ke istana. Bangunan lima lantai dengan banyak kamar dan tangga besar dan kecil yang tampaknya membawa pengunjung berputar-putar. Ada dapur, ruang penyimpanan, ruang bagi perempuan, ruang pertemuan untuk pejabat tinggi dan teman-teman dari Imam Yahya.

(Baca juga: Danxia, Palet Warna Tuhan Ditemukan Di China)

Ada sistem untuk mendinginkan air dalam Earthware jars, kita juga dapat melihat jendela takhrim dari dekat, ada sumur yang sangat dalam. Kelima lantai menawarkan hal-hal yang layak untuk dilihat, tetapi berjalan-jalan di dasar bangunan adalah sama mengesankannya dan mempertinggi kekaguman kita pada arsitektur Yaman yang menakjubkan.

 

(Visited 285 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]