Wow Keren, Ini Dia Wanita Pertama Yang Menjadi Pilot Pesawat Tempur Afghanistan

2191 views

Dailymoslem – Sungguh luar biasa, Jika kebanyakan wanita memilih pekerjaan yang cenderung adem ayem , Niloofar Rahmani (23) malah memilih menjadi pilot tempur angkatan udara Afghanistan. Rahmani mampu menunjukan pada keluarganya bahwa ia dapat berhasil menjadi seorang pilot pesawat tempur bahkan menantang ancaman terror dari kelompok teroris yang membayanginya.

Niloofar Rahmani masih berusia 18 tahun saat ia mendapatkan berita bahwa angkatan udara Afghanistan sedang membuka kesempatan untuk wanita yang ingin menjadi pilot pesawat tempur. Rahmani kemudian belajar bahasa Inggris agar bisa mengikuti pendidikan angkatan udara selama enam bulan. Pada tahun 2010 ia terdaftar di Afghan Air Force Officer Training Program dan langsung menjadi Second Lieutnant di tahun 2012.

yeay

Rahmani membawa pesawat Cessna 182 untuk penerbangan solo pertamanya. Ia lalu memutuskan untuk menerbangkan pesawat yang lebih besar sehingga mengharuskannya untuk meningkatkan level penerbangannya dengan belajar kembali di advance flight school. Tak lama kemudian ia bisa menerbangkan pesawat cargo militer C-208 dan menjadi pilot pesawat tempur wanita pertama di Afghanistan  setelah runtuhnya Taliban pada 2001.

Mendapat ancaman dari kubu teroris, keluarga Rahmani terpaksa pindah sebanyak sepuluh kali dengan alasan keselamatan. Meskipun begitu secara tegas, Rahmani menyatakan bahwa dirinya memiliki tujuan untuk menjadi instruktur penerbangan dan menginspirasi wanita lain. Apapun ancaman Taliban, ia tetap ingin melanjutkan karirnya di Angkatan Udara Afghanistan.

Niloor Rahmani

Picture 1 of 4

Semangatnya untuk tetap berkarir di  bidang yang penuh risiko ini, membuatnya menyandang penghargaan U.S Secretary of State’s International Women of Courage Award 2015 minggu lalu. Ibu Negara, Michelle Obama menghargai Rahmani atas keberanian, komitmen dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan.

Penghargaan ini didirikan pada tahun 2007 untuk menghargai dan menghormati wanita di seluruh dunia yang mampu menginspirasi dunia dengan keberanian, perjuangan dalam hak asasi manusia, kesetaraan perempuan dan kemajuan sosial.

 

 

 

(Visited 585 times, 1 visits today)