Wow, Bangunan Ini Akan Jadi Tempat Ibadah Orang Muslim, Kristen dan Yahudi Sekaligus

117 views Leave a comment
Wow, Bangunan Ini Akan Jadi Tempat Ibadah Orang Muslim, Kristen dan Yahudi Sekaligus

Dailymoslem – Mungkin sulit bagi kita membayangkan kerukunan umat Muslim, Kristen dan Yahudi. Apalagi di dunia barat, Islam kembali mengalami berbagai diskriminasi setelah berbagai teror yang dituduhkan kepada Islam.

Namun, sebuah tempat ibadah yang bernama “The House of One” di Berlin, Jerman ini akan mewujudkan kerukunan tersebut. Di bangunan ini, umat Muslim, Kristen dan Yahudi bisa datang dan melakukan ibadah bersama. Bangunan ini tadinya merupakan bangunan gereja yang hancur karena Perang Dunia Ke II, kemudian dibangun ulang untuk dijadikan gedung yang menjadi masjid, gereja dan sinagoga sekaligus.

Tujuan dari dibangunnya The House of One ini adalah menyatukan orang-orang mau apapun agamanya. Di ruangan ini terdapat tiga ruangan terpisah yang masing-masingnya digunakan sebagai Masjid, Gereja dan Sinagoga. Selain itu, di dekat lapangan parkir juga terdapat meja dan kursi yang bisa digunakan orang-orang dari ketiga agama tersebut untuk mengobrol, saling berbagi makanan atau sekedar bersantai bersama-sama.

Untuk mendukung tujuan utama yaitu mempersatukan ketiga agama ini, sebelum masuk ke ruang ibadah masing-masing, mereka yang memasuki gedung ini harus melewati satu pintu masuk utama sebelum akhirnya masuk ke ruang ibadah masing-masing.

Wow, Bangunan Ini Akan Jadi Tempat Ibadah Orang Muslim, Kristen dan Yahudi Sekaligus
Rencana bangunan The House of One

Pemerintah juga melakukan kompetisi untuk memutuskan desain terbaik untuk bangunan ini. Syaratnya adalah pintu masuk utama tempat orang-orang dari ketiga agama tersebut bisa masuk bersama, kemudian tiga pintu berbeda untuk masing-masing ruangan dengan tinggi yang sama.

Untuk mendirikan bangunan yang diimpikan dapat mempersatukan ketiga agama tersebut membutuhkan dana sekitar  43 juta euro atau sekitar 650 milyar, sementara hingga saat ini baru terkumpul dana sekitar 1 juta euro atau sekitar 14 milyar.

“The House of One bukanlah tempat yang bisa mengubah kepercayaan seseorang, ini adalah tempat kamu membuka mata, melihat ke sekeliling dan melihat apa yang orang lain lakukan dengan agamanya, ini akan menambah pengetahuan dan keimanan seseorang,” ujar Juru Bicara Teologi project ini.

(Visited 152 times, 1 visits today)