Waspadai Bahan Berbahaya Di Dalam Kosmetik yang Ditemukan BPOM Berikut Ini

82 views Leave a comment
Waspadai Bahan Berbahaya Di Dalam Kosmetik yang Ditemukan BPOM Berikut Ini

Dailymoslem – Setidaknya 30 produk kosmetik ditemukan BPOM mengandung bahan berbahaya seperti pewarna merah K3 dan K10 (Rodhamin B), Asam Retinoat, Merkuri dan Hidrokinon, sebagaimana dilansir dari halhalal.com.

Dari 30 jenis produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya tersebut, 13 di antaranya adalah kosmetik produksi luar negeri, sedangkan 17 lainnya merupakan kosmetik dalam negeri. Temuan ini berdasarkan hasil pengawasan rutin BPOM di seluruh Indonesia untuk produk kosmetik yang beredar di pasaran dari Oktober 2014 hingga September 2015.

Bahan-bahan tersebut merupakan bahan yang dilarang digunakan dalam pembuatan kosmetik berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM RI No.2 Tahun 2014 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan kepala Badan POM No. HK.03.1.23.08.11.07517 Tahun 2011 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika.

Bahan-bahan tersebut dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan utnuk tubuh, misalnya pewarna merah K3 dan K10 yang dapat menimbulkan gangguan fungsi hati dan kanker hati. Pewarna ini biasa digunakan untuk eye shadow, lipstik dan perona pipi.

Sedangkan hidrokinon dapat menyebabkan iritasi kulit hingga menimbulkan ochronosis atau kulit berwarna kehitaman, efek ini biasanya muncul setelah penggunaan selama 6 bulan dan kemungkinan tidak dapat dipulihkan. Bahan ini biasanya digunakan untuk memutihkan atau mencerahkan kulit.

Karenanya, Badan POM menghimbau masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih kosmetik dengan lebih memerhatikan komposisi bahan pada saat membeli kosmetik. Badan POM telah mengambil tindakan tegas dengan menarik seluruh kosmetik tersebut dan melakukan pembatalan izin edar. Pihak BPOM menuturkan bahwa pada lima tahun terakhir ini, jumlah temuan produk kosmetik berbahaya meningkat dari 0,65 persen menjadi 0,74 ersen.

(Visited 184 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS