Waspada, Ini 4 Jenis Kelainan Jantung yang Bisa Sebabkan Kematian Di Usia Muda

80 views Leave a comment
Waspada, Ini 4 Jenis Kelainan Jantung yang Bisa Sebabkan Kematian Di Usia Muda

Dailymoslem – Kabar duka yang datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yaitu meninggalnya sang putra dalam tidurnya mengingatkan kita akan salah satu bahaya yang mengintai dan mungkin tidak kita sadari. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa Panji Hilmansyah yang baru berusia 31 tahun tersebut meninggal dalam tidurnya karena serangan jantung.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, Senin (18/1) berikut ini beberapa jenis kelainan jantung yang bisa menyebabkan kematian mendadak pada orang muda di bawah 35 tahun.

1. Hypertrophic cardiomyopathy (HCM)

HCM merupakan kondisi ototo jantung yang ketebalannya tidak normal, sehingga jantung kesulitan untuk memompa darah. Akibatnya fatal, yaitu kematian mendadak pada orang di bawah usia 30 tahun. Gangguan ini paling sering terjadi pada atlet.

2. Coronary artery abnormalities

Gangguan ini terjadi pada orang yang terlahir dengan arteri jantung yang memiliki koneksi kurang normal, sehingga arteri tertekan saat olahraga dan tidak dapat mendukung aliran darah ke jantung.

3. Long QT syndrome

Gangguan ini menyebabkan irama jantung menjadi lebih cepat, perubahan detak jantung tersebut kemudian berpengaruh pada bagian lain di jantung yang menyebabkan seseorang tidak sadarkan diri atau pingsan.

4. Peradangan pada otot jantung

Peradangan pada otot jantung bisa disebabkan karena virus atau penyakit lain. Gangguan ini juga bisa mengancam jiwa.

(Visited 88 times, 1 visits today)