Waspada Hal Ini Dapat Membuat Orang Meninggal Ketika Tidur

119 views Leave a comment
Waspada Hal Ini Dapat Membuat Orang Meninggal Ketika Tidur

Dailymoslem – Pernahkah saat tengah malam anda terbangun tiba-tiba dengan kondisi napas tersengal-sengal, seperti telah tidak bernapas untuk beberapa waktu? Kejadian tersebut bahkan membuat anda tersedak dan terbatuk-batuk. Hati-hati mungkin anda mengidap Sleep Apnea.

Penyakit ini menyebabkan kadar oksigen yang diedarkan dalam tubuh menjadi berkurang hingga menaikan tekanan darah.

Biasanya orang-orang yang mengidap sleep apnea mengalaminya selama kurang lebih 10 detik saat tidur dan bisa terjadi berulang-ulang. Jika hal ini terjadi, kadar oksigen dalam tubSleep Apnea merupakan penyakit gangguan tidur karena kesulitan bernapas yang berulang saat tidur. Apnea sendiri dapat diartikan sebagai berhentinya pernapasan untuk sementara.uh akan berkurang sebanyak 40% dan secara langsung menyebabkan pengurangan transfer oksigen dan mengganggu fungsi organ tubuh.

Gejala lain dari sleep apnea ini adalah mendengkur. Sewaktu tidur seluruh otot tubuh akan sangat rileks, termasuk pangkal lidah. Jika seseorang tidur dengan terlentang maka pangkal lidah yang rileks tersebut akan jatuh kebelakang dan menutup rongga pernapasan. Apabila seseorang mengalami sleep apnea lebih dari 10 detik maka akan menyebabkan kematian mendadak.

 Ketahui penyebab Sleep Apnea

Pemicu sleep apnea ini kebanyakan diakibatkan oleh kelebihan lemak yang mempersempit saluran pernapasan. Sehingga dianjurkan bagi penderita untuk melakukan olahraga agar mengurangi bobot tubuhnya. Beberapa hal yang menjadi penyebab penyakit ini adalah:

Kelebihan berat badan yang terlalu

  • Tidur terlentang sehingga lidah yang rileks akan jatuh kebelakangan dan menutup saluran napas
  • Lemak yang menumpuk di area saluran pernapasan yang diakibatkan overweight
  • Amandel yang membesar sehingga menyulitkan bernapas
  • Polip dalam hidung yang tidak ditangani dengan serius

Dampak Sleep Apnea bagi Kesehatan

Sebenarnya hamper semua orang pernah mengalami sleep apnea, namun dengan intensitas yang sangat jarang. Harus ada perhatian khusus bagi penderita sleep apnea yang akut agar tidak berujung pada gangguan kesehatan yang lainnya.

Sleep apnea dalam intensitas sering dapat mengakibatkan kerusakan pada beberapa sel tubuh. jika berlangsung lama, sleep apnea ini dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, depresi, gagal jantung, hingga kematian mendadak.

Hati-hati Wanita lebih riskan saat Sleep Apnea

wanita yang mengalami sleep apnea berisiko tinggi mengalami kerusakan orak dibadingkan pria hal tersebut diungkapkan sebuah jurnal hasil penelitian dari University of California Los Angeles (UCLA). Para peneliti mengamati partisipan yang terdiri dari beberapa wanita dan pria dan memfokuskan penelitian pada gangguan otak yang diakibatkan oleh gangguan tidur ini.

hasil penelitian menunjukan bahwa wanita cenderung mendapat pengaruh lebih besar akibat sleep apnea. Paul Maecey salah satu peneliti dari UCLA menyimpulkan bahwa sleep apnea dapat mempengaruhi bagian otak yang digunakan untuk mengambil keputusan dan menagtur mood dan partisipan wanita lah yang cenderung menunjukan tingkat depresi yang lebih tinggi. Sehingga wanita yang menderita sleep apnea membutuhkan penanganan yang ekstra.

Baca Juga:

Karena Ruh Kembali Pada Allah Saat Tidur, Maka Lakukan Kebiasaan Sebelum Tidur Ala Rasulullah

Bahaya Tidur Terlalu Lama

7 Keuntungan Memakai Kaos Kaki Saat Tidur

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur dengan Cara Ini

(Visited 282 times, 1 visits today)