Waspada Bahaya Tidur Dengan Kipas Angin Menyala

143 views Leave a comment
Waspada Bahaya Tidur Dengan Kipas Angin Menyala

Dailymoslem – Di daerah tropis seperti Indonesia, banyak daerah-daerah panas yang seringkali membuat kita ingin selalu menyalakan kipas angin, tentu saja jika tidak ada AC di rumah. Apalagi, kipas angin yang menyala saat tidur juga bisa mengusir nyamuk-nyamuk yang mengganggu tidur.

Namun, tidur dengan kipas angin menyala ternyata berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika kipas angin langsung diarahkan ke muka. Akibatnya tidak main-main, mulai dari Bell Palsy, yaitu penyakit yang menyerang saraf wajah yang menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah sehingga wajah menjadi asimetris, bahkan hingga penyakit jantung dan kematian.

Seperti dilansir dari viva.co.id, kipas angin yang kotor bisa menjadi sarang virus yang apabila diarahkan langsung ke wajah akan menyebabkan virus Bell Palsy masuk melewati rongga telinga. Suhu dingin dari kipas angin juga dapat menyebabkan syaraf wajah menegang.

Bahaya lainnya, tidur dengan kipas angin menyala dapat menyebabkan kekurangan oksigen, karena angin yang menghembus ke wajah menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak terjadi lagi. Akibatnya, kita jadi banyak menghirup karbondioksida saat tidur.

Angin yang terus terhembus juga dapat menyebabkan kita terkena hipotermia dan dehidrasi. Selain itu, udara dingin juga dapat menyebabkan tekanan darah dan sistem pernafasan terganggu. Hal ini dapat membahayakan kesehatan organ paru-paru dan jantung.

(Visited 289 times, 1 visits today)