Waspada Bahaya Mengisi Baterai HP Di Dalam Mobil

105 views Leave a comment
Waspada Bahaya Mengisi Baterai HP Di Dalam Mobil

Dailymoslem – Bagi orang yang sering mobile atau bepergian, mengisi daya baterai gadget di dalam mobil bisa menjadi salah satu kebiasaan. Selain powerbank, power output yang berasal dari lighter (pemantik api) di dalammobil memang bisa menjadi penambah daya yang diandalkan.

Namun, Anda perlu waspada karena kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan tertentu pada gadget Anda. Dilansir dari AstraWorld, hal ini disebabkan karena tegangan kelistrikan mobil yang kurang stabil, putaran mesin yang turun-naik atau hidup-matinya sistem kelistrikan di dalam  mobil yang mendistribusikan arus listrik ke AC, audio dan lampu-lampu. Kondisi ini kemungkinan dapat memengaruhi tegangan output pada alternator.

(Baca juga: Waspada Bahaya Menaruh Botol Minuman Hingga Berhari-Hari Di Dalam Mobil)

Kerusakan dapat terjadi pada baterai handphone atau gadget, yaitu baterai yang mengembang atau bahkan meledak.

(Baca juga: Cara Menghindari Overheat Pada Gadget)

Namun, jika Anda terpaksa harus melakukan pengisian baterai HP atau gadget di dalam mobil, Anda bisa melakukan beberapa langkah antisipasi. Pertama, jauhkan HP atau gadget dari benda yang mudah terbakar seperti kertas, busa atau kain. Kedua, gunakan baterai dan charger yang berkualitas dan sesuai dengan standar pabrikan ponsel atau gadget yang digunakan. Ketiga, segera hentinkan proses pengisian daya baterai jika charger atau gadget terasa panas. Keempat, hindari mengunakan telepon ketika sedang diisi ulang dan kelima, jauhkan ponsel dan gadget dari sinar matahari langsung atau sumber panas yang berlebihan.

(Visited 213 times, 2 visits today)