Warga Aceh Bersitegang Rebutkan Batu Giok Seberat 20 Ton

1044 views

Dailymoslem – Warga Nagan Raya Aceh dihebohkan dengan penemuan batu giok seberat 20 Ton di dekat aliran sungai Gampong Krueng Isep, Aceh. Meskipun lokasinya berada di kawasan hutan dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 1-2 jam, warga tetap berdatangan untuk berebut batu giok raksasa tersebut.

Hingga saat ini garis polisi tetap dipasang di area penemuan batu yang diperkirakan berharga milyaran rupiah itu. Hal tersebut dilakukan karena warga sempat bersitegang dengan pendatang, bahkan sampai membawa senjata tajam. Selain itu, moratorium pengambilan batu yang dikeluarkan oleh pemerintah kabupaten setempat juga menyulut kemarahan warga sehingga sejumlah aparat polisi diturunkan untuk mengamankannya.

Moraturium tersebut diturunkan pemerintah untuk mencegah kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi apabila batu seberat 20 Ton tersebut diambil untuk sesuatu yang bersifat komersil. Aturan ini berlaku hingga tanggal 8 Maret mendatang.

Sepatutnya warga bisa bertindak lebih bijaksana atas penemuan yang menghebohkan tersebut. Meskipun batu giok aceh bisa mencapai harga miliaran rupiah jika sudah diolah, tidak semestinya warga menjadi tamak dan ingin mengambil semuanya. Kelestarian alam yang terjaga lebih baik dari kekayaan yang bertahan sementara.

(Visited 344 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]