Wanita, Waspadai 6 Dampak Alat Kontrasepsi Pada Tubuh Berikut Ini

95 views Leave a comment
Wanita, Waspadai 6 Dampak Alat Kontrasepsi Pada Tubuh Berikut Ini

Dailymoslem – Penggunaan alat kontrasepsi biasanya digunakan pasangan suami-istri untuk menunda kehadiran buah hati, terutama jika mereka masih memiliki anak di usia dini, agar jarak masing-masing anak tidak terlalu dekat sehingga masing-masing anak bisa mendapatkan perhatian secara penuh di masa keemasannya.

Namun, penggunaan alat kontrasepsi juga biasanya memiliki dampak tersendiri terhadap tubuh perempuan, khususnya, karena alat kontrasepsi umumnya digunakan pada perempuan. Berikut ini beberapa dampak alat kontrasepsi yang perlu diketahui para wanita sebelum memilih alat kontrasepsi yang tepat, dilansir dari wittyfeed.com.

Sakit Saat Berhubungan

Alat kontrasepsi yang dipasang di tubuh wanita dapat menimbulkan rasa sakit saat hubungan intim, bahkan menyebabkan bercak darah selepas hubungan intim. Rasa sakit ini dapat menyusutkan libido dan mengurangi cairan lubrikasi yang penting untuk hadir saat hubungan suami-istri.

Mata Kering

Salah satu dampak yang mungkin disebabkan oleh KB jenis pil adalah perubahan hormon di dalam tubuh yang dapat menyebabkan mata mengering. Jika tidak segera diatasi, hal ini bisa menyebabkan masalah serius.

Depresi

Pil KB juga dapat memengauhi neotransmiter dari otak dan juga memengaruhi hormon sehingga dapat menimbulkan stres dan depresi.

Penggumpalan Darah

Setidaknya tiga dari sepuluh wanita yang sudah mengonsumsi pil KB akan mengalami penggumpalan darah. Risiko ini biasanya meningkat bagi mereka yang berusia di atas 35 tahun, perokok dan memiliki berat tubuh berlebih.

Migrain

Penggunaan pil Kb juga dapat menurunkan jumlah estrogen seseorang dan menyebabkan migrain. Hal ini biasanya terjadi beberapa hari sebelum masa datang bulan dan juga di akhir masa menstruasi.

Infeksi Jamur

Alat kontrasepsi yang dipasang di tubuh wanita juga perlu dikontrol secara rutin untuk mengurangi risiko penggumpalan jamur yang bisa menyebabkan infeksi.

(Visited 184 times, 1 visits today)