(Wajib Tau!) Kapan Antibiotik Harus Dipakai Dan Tidak

110 views Leave a comment
(Wajib Tau!) Kapan Antibiotik Harus Dipakai Dan Tidak

Apa itu antibiotik?

Antibiotik adalah obat keras yang digunakan untuk mengatasi infeksi, termasuk pada infeksi  menular yang dapat membahayakan jiwa.  Meskipun sangat bermanfaat, penggunaan antibiotik yang tidak tepat justru bisa membahayakan.  Anda dapat melindungi diri anda dan keluarga anda dengan mengetahui kapan antibiotik perlu digunakan dan kapan tidak perlu.

Apakah antibiotik dapat bekerja untuk semua jenis infeksi?

Tidak.

Antibiotik hanya bekerja untuk mengatasi infeksi karena bakteri, jamur dan beberapa jenis parasit. Antibiotik tidak bekerja untuk infeksi yang disebabkan oleh virus. Virus merupakan agen infeksi yang sering  menyebabkan flu, batuk dan radang tenggorokan.

Apa itu resistensi antibiotik?

Istilah resistensi antibiotik dan resistensi bakteri adalah dua hal yang menggambarkan satu hal yang sama. Biasanya, antibiotik akan membunuh bakteri atau menghentikannya agar tidak tumbuh. Namun begitu, beberapa jenis bakteri menjadi resisten untuk beberapa jenis antibiotik. Hal ini berarti antibiotik sudah tidak mempan lagi membunuh bakteri tersebut. Bakteri jadi resisten lebih cepat jika antibiotik digunakan terlalu sering atau tidak digunakan dengan tepat (misalnya menghentikan sebelum dosis habis)

bagaimana resistensi antibiotik terjadi

Bakteri yang sudah resisten pada satu antibiotik, beberapa diantaranya dapat dirawat dengan antibiotik lain. Antibiotik ini mungkin harus diberikan secara intravena lewat infus. Sementara itu ada juga  bakteri yang resisten pada semua antibiotik yang tersedia dan tidak bisa diatasi.

Apa yang bisa dilakukan untuk menolong diri sendiri dan keluarga?

Jangan berharap antibiotik dapat menyembuhkan semua jenis penyakit. Jangan menggunakan antibiotik untuk penyakit virus seringkali, hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi influenza adalah dengan menjadalin sesuai dengan perjalanan penyakit. Terkadang hal ini bisa berlangsung hingga 2 minggu. Jika gejala masaih ada atau bahkan memburuk setelah 2 minggu , berkonsultasilah kembali dengan dokter.

Untuk meredakan keluhan yang disebabkan oleh infeksi virus, beberapa langkah ini bisa dilakukan:

  • Tanyakan kepada dokter, obat bebas apa yang bisa digunakan untuk mengurangi keluhan
  • Minumlah air yang banyak
  • Istirahat yang cukup
  • Gunakan obat hirup atau obat semprot hidung untuk melegakan keluhan
  • Redakan rasa nyeri ditenggorokan dengan menggunakan air hangat, atau obat hisap
  • Obat antivirus mungkin di resepkan untuk flu yang disebabkan karena virus. Meskipun begitu, hal ini jarang dilakukan di Indonesia karena harganya yang mahal dan efektivitasnya yang masih diragukan.

Kapan kita membutuhkan antibiotik?

Jawabannya adalah tergantung jenis infeksi yang anda alami.  Antibiotik diperlukan untuk infeksi bakteri, jamur, atau parasit. Dokter dapat memperkirakan jenis infeksi yang dialamii dengan memperhatikan gejala dan tanda yang terjadi pada anda. Selain itu, diagnosis pasti dapat dilakukan dengan melakukan beberapa tahapan pemeriksaan laboratorium.

Sesuai dengan kecurigaan dokter, serangkaian tes baik itu berupa tes darah, pemeriksaan mikroskopik maupun pemeriksaan kultur dan sensitivitas antibiotik akan diperlukan. Namun, karena prosesnya yang panjang dan biayanya yang tinggi, tidak semua tes lengkap dikerjakan.

Berikut ini adalah panduan singkat dan cepat kapan antibiotik diperlukan:

cdc getting smart on antibiotics

Baca juga: 5 Jenis Penyakit yang Tidak Selalu Membutuhkan Antibiotik

Apa yang JANGAN dilakukan pada antibiotik?

  • JANGAN meminta antibiotik pada dokter, jika menurut pertimbangan medis tidak diperlukan
  • JANGAN menggunakan antibiotik untuk infeksi viral
  • JANGAN menggunakan antibiotik yang diresepkan untuk orang lain. Antibiotik tersebut belum tentu tepat untuk anda.

Jika anda mendapatkan resep antibiotik.

  • JANGAN melewatkan dosis obat
  • JANGAN menghentikan obat sebelum habis, terkecuali disarankan oleh dokter tersebut
  • JANGAN menyimpan antibiotik untuk digunakan diwaktu lain

(Sehatmagz.com)

(Visited 62 times, 2 visits today)