Wah Ternyata Baby Walker Malah Buat Anak Malas Berjalan

1284 views

Dailymoslem – Begitu bahagianya melihat tumbuh kembang sang anak. Menyaksikan untuk pertamakalinya ia mengucapkan kata ‘mama’ atau ‘papa’, pertamakalinya ia duduk  sendiri dan kemudian merangkak. Moment-moment inilah yang kadang membuat kita sebagai orang tua haru karena bahagia. Namun saat bayi mulai belajar untuk jalan, apakah baby walker dibutuhkan atau tidak?

Sebagian orang tua mungkin merasa perlu untuk membeli baby walker dalam rangka membuat sang anak mudah mempelajari caranya berjalan atau juga ada alasan-alasan lain seperti, menyibukkan anak saat ibu melakukan kegiatan lain.

Percayakah Anda bahwa menurut American Academy of Pediatric (APP) penggunaan baby walker bisa membuat sang anak cedera hingga meninggal dunia. Dalam rentang tahun 1973-1998 Amerika mencatat bahwa ada 34 bayi meninggal saat menggunakan baby walker. Hal ini disebabkan karena saat anak menggunakan baby walker, maka ia menjadi sangat bebas untuk berpergian kemana saja, termasuk menggelinding di tangga atau menjangkau benda-benda berbahaya.

Baby walker juga ternyata tidak menolong bayi untuk berjalan lebih cepat dibandingkan dengan bayi yang tidak menggunakannya. Bayi yang menggunakan baby walker justru cenderung lebih malas untuk berjalan sendiri, karena telah merasakan kemudahan berjalan dibantu dengan alat.

Penggunaan baby walker ini juga mampu mengganggu perkembangan motorik kaki bayi. Hal ini dikarenakan bayi hanya menggunakan sebagian otot kaki saja, seperti hanya menggunakan ujung jari kaki dan otot betis. Padahal untuk berjalan sendiri, bagian kaki atas (tungkai atas dan pinggul) harus juga dilatih sejak dini.

Beberapa orang pun percaya bahwa baby walker merupakan salah satu faktor adanya kelainan dari kaki bayi. Dengan duduk mengangkang didalam baby walker, bayi berpotensi megalami kelainan tulang paha. Sehingga saat dewasa, mereka akan berjalan jinjit, mengangkang atau berjalan seperti bebek.

Sebaiknya, ajarkan anak berjalan dengan cara yang alami. Lepas anak di lantai (pastinya dengan pengawasan), dan biarkan anak bereksplorasi dengan caranya sendiri. Mempercayakan anak untuk belajar cara berjalan secara alami mampu melatih motoriknya bekerja lebih baik. seluruh otot yang dibutuhkan untuk berjalan akan terlatih secara sempurna.

Jadi masihkan berpikir bahwa baby walker adalah suatu hal penting yang mampu membuat anak berlajar berjalan lebih cepat?

(Visited 570 times, 1 visits today)