Wah, Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Ternyata Berbahaya!

120 views Leave a comment
Wah, Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Ternyata Berbahaya!

Dailymoslem – Sudah menjadi kebiasaan setiap orang untuk mencuci bahan makanan mentah apapun sebelum memasaknya, termasuk daging ayam. Tujuannya sebenarnya adalah untuk membersihkan bahan makanan tersebut dari bakteri. Namun, berbeda mencuci daging ayam yang ternyata justru bisa menyebarkan bakteri.

Berdasarkan penelitian, mencuci daging unggas mentah dapat meningkatkan risiko keracunan makanan pada tubuh. Pasalnya, pada saat mencuci daging unggas mentah, maka cipratan air bekas cucian daging tersebut akan menyebarkan bakteri kampilobakter yang mengandung bakteri lainnya seperti Salmonella, E.Coli dan enterokokus. Ketika ayam dicuci, bakteri ini bisa menyebar ke seluruh ruangan dengan jarak sebaran 50cm, termasuk mengenai peralatan makanan dan makanan lain di sekitar dapur.

Apa Bahaya Terkena Bakteri Kampilobakter?

Bakteri ini akan menyebabkan penyakit dengan gejala sakit perut dan diare. Gejala ini biasanya muncul setelah dua hari atau lima hari bakteri masuk ke dalam tubuh. Meski hanya diare, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi jika orang yang terinfeksi bakteri kampilobakter tersebut adalah anak-anak, orangtua atau mereka yang sistem kekebalan tubuhnya rendah seperti pengidap kanker dan HIV.

Komplikasi tersebut bisa menyebabkan hal-hal seperti keracunan darah atau septikemia, keguguran pada ibu hamil, sindrom Guillain-Barre (kelainian langka yang merusak sistem saraf), dan juga penyebaran infeksi ke organ tubuh lain seperti sendi, hati dan pankreas.

Lalu, Bagaimana Mengolah Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak Agar Tetap Higienis?

Daging ayam merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Terdapat kandungan protein tinggi dan banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B3 dan juga vitamin B6. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengolah daging ayam mentah sebelum dimasak agar kandungan nutrisinya tidak hilang dan menghindari terjadinya penyebaran bakteri.

Pertama, cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air hangat sebelum dan setelah Anda menyentuh dagin ayam mentah dan peralatan memasak. Gunakan juga handuk atau lap bersih untuk mengeringkan tangan dan memutar tutup keran.

Kedua, sebaiknya tidak mencuci daging ayam mentah karena semua bakteri akan mati ketika daging ayam dimasak. Ingat, mencuci daging ayam mentah dapat menyebarkan bakteri kampilobakter.

Ketiga, sebaiknya pisahkan wadah dan peralatan memasak untuk mengelola dagin mentah dan wadah untuk mengelola sayur dan buah agar bakteri tidak ikut terbawa pada saat mengolah buah dan sayur.

Wah, Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Ternyata Berbahaya!

Gambar via resepmakansiemak.com

Keempat, masak daging hingga matang, jangan sampai menyisakan daging yang masih berwarna merah muda.

Kelima, perhatikan kematangan setiap bagian daging, terutama di bagian kaki yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mematangkan daripada bagian lain.

Wah, Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Ternyata Berbahaya!

Gambar via resephariini.blogspot.com

Keenam, Simpan daging yang masih mentah dan belum akan dimasak dalam waktu dekat di dalam wadah yang bersih dan tertutup.

Ketujuh, hindari mendiamkan daging mentah di suhu ruangan. Jika sebelumnya Anda menaruh di freezer dan ingin mencairkan daging yang beku, sebaiknya taruh di dalam kulkas daripada menaruhnya di area dapur.

Kedelapan, hindari mendiamkan daging ayam mentah hingga lebih dari dua atau tiga hari, meski Anda menaruhnya di dalam kulkas. Jika sudah ada bau tak sedap, berarti daging sudah tak layak konsumsi.

Semoga bermanfaat!

(Visited 162 times, 1 visits today)