Wah, Lagi-lagi Nama Orang Indonesia Dijadikan Nama Jalan Di Belanda

1554 views

Dailymoslem – Munir, penjuang Hak Asasi Manusia yang meninggal secara misterius pada 2004 silam mendapatkan penghormatan dari negeri Belanda. Namanya, akan dijadikan sebagai nama sebuah jalan disebuah kota di negara tersebut dan akan diresmikan pada 15 April medatang. Wali Kota Denhaag, Jozias Van Aartsen mengatakan bahwa pembuatan Munir Straat memang pantas dilakukan untuk mengingat perjuangan Munir dalam bidang Hak Asasi Manusia.

Pembuatan jalan ini meruapakan penepatan janji pemerintah kota Den Haag, Belanda kepada Suciwati yang tak lain adalah istri dari Munir. Bagi mereka, janji tersebut merupakan sebuah apresiasi dan pengakuan penting terhadap komitmen dan perjuangan Munir dalam menegakkan Hak Asasi Manusia di Indonesia, yang ironisnya tidak pernah diperoleh dari pemerintah dimana semasa hidupnya bekerja.

Jozias juga sangat menyayangkan pemerintah Indonesia yang kurang serius menggali misteri kematian Munir. Sampai saat ini kematian Munir masih diduga karena diracun didalam pesawat Garuda saat melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Belanda. Ketua SETARA Institue Herdardi yang juga salah satu teman dekat Munir mengatakan bahwa pemberian nama jalan ini adalah sebuah apresiasi bagi Munir, namun juga sebuah hal yang ironis karena datang dari luar negeri. Sementara Indonesia sendiri belum bisa menuntaskan kasus Munir hingga sekarang. “Pemberian nama jalan ini apresiasi tapi juga ironis karena datang dari luar negeri. Sementara di dalam negeri, kasusnya tidak diselesaikan bukan semata-mata soal hukum tapi karema politik” ungkap Herdardi pada okezone.com

Di Belanda sendiri, pemberian nama jalan dari seorang warga asal Indonesia bukan kali pertama. Nama R.A Kartini, Sutan Syahrir dan Muhammad Hatta pun menjadi salah satu nama jalan di Belanda. Oleh karena itu, Munir menjadi orang Indonesia Keempat yang namanya diabadikan menjadi nama jalan di Belanda.

(Visited 585 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS