Wah, India Buat Aplikasi Anti Hilang Untuk Para Jemaah Haji

606 views

Dailymoslem – Menunaikan Ibadah Haji merupakan kewajiban bagi seorang muslim yang memiliki kemampuan untuk melakukannya. Memiliki kemampuan disini terdiri dari kemampuan fisik, mental dan tentunya kemampuan finansial yang mumpuni. Luar biasanya, meskipun biaya menunaikan ibadah haji terus mengalami peningkatan namun tak mengakibatkan terjadinya penurunan dari jumlah jemaah haji. Sebaliknya, menurut data statistik jemaah haji menunjukan peningkatan di setiap tahunnya.

Dengan banyaknya jemaah haji yang datang disetiap tahunnya, banyak sekali laporan jemaah haji hilang atau tersesat. Untuk mengatasi hal itu, India menciptakan sebuah mobile application yang berbasis internet untuk memudahkan jamaah dalam melaksanakan ibadah haji. Aplikasi tersebut bernama “Indian Haj Accomodation Locator”.

Dengan adanya aplikasi ini, jemaah haji memungkinkan untuk mengakses semua informasi yang berhubungan dengan segala prosesi ibadah haji. Indian Haj Accomodation Locator bisa digunakan pada Android maupun Apple dan dapat diunduh secara gratis di play store atau di Mac app store.

(Baca juga: Tips Umrah Bersama Anak)

Menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah, cukup dengan memasukan cover number jemaah haji atau nomor passport kita akan mendapatkan rinician tentang akomodasi termasuk jumlah bangunan, jumlah tenda atau nomor kantor dan juga peta dari jalur yang biasa digunakan oleh para pejabat dan relawan di Mekkah, Mina atau Madina.


unnamed

Biasanya, jemaah haji asal India akan diberikan kartu SIM yang dapat digunakan saat menunaikan ibadah haji. Dengan begitu para jemaah bisa terus berhubungan dengan pihak konsulat negara untuk mendapatkan pengumuman penting. Indian Haj Accomodation Locator juga dapat memungkinkan keluarga dari jemaah untuk melacak lokasi keberadaan anggota keluarga yang menunaikan ibadah haji.

(Baca juga: Di Tajikistan, Berhaji Hanya Boleh Dilakukan oleh Mereka yang Berusia 35 Tahun Ke Atas)

Wah, sungguh sangat bermanfaat sekali yah. Para jemaah dimudahkan untuk mengetahui informasi tentang lokasi-lokasi di Mekkah, Mina atau Madina. Sehingga dapat memudahkan para jemaah jika terpisah dari rombongan. Semoga, aplikasi tersebut bisa digunakan oleh jemaah haji asal Indonesia juga.

 

(Visited 249 times, 1 visits today)