Uniknya Perpustakaan Umum Di Bandung Yang Terbuat Dari Ribuan Ember Bekas

154 views Leave a comment
Uniknya Perpustakaan Umum Di Bandung Yang Terbuat Dari Ribuan Ember Bekas

Dailymoslem – Unik. Sebuah bangunan yang didirikan untuk digunakan sebagai perpustakan umum bernama Micro Library (Miclib) di Bandung terbuat dari susunan ribuan ember. Berada di Taman Bima, Jalan Bima, Cicendo, perpustakan ini menjadi yang pertama kalinya memanfaatkan ember bekas es krim menjadi sebuah bangunan yang futuristik.

Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann dari SHAU Architecture & Urbanisnem menuturkan bahwa seharusnya pembangunan perpusatakaan ini bisa lebih cepat selesai. Namun mengumpulkan 2000 ember dalam waktu singkat bukanlah hal yang mudah.

Daliana dan rekannya memilih ember menjadi salah satu material dalam bangunan ini untuk menunjukkan bahwa barang bekas bisa memiliki nilai tambah asal dimanfaatkan secara kreatif. Selain berguna untuk sirkulasi udara dan pencahayaan dalam ruangan, ternyata ember-ember yang tersusun itu membentuk pola binary code yang berarti ‘buku adalah jendela dunia’.

Setelah di resmikan, Miclib ini akan menyediakan fasilitas selain koleksi buku pengetahuan umum, seperti mainan tradisional, alat peraga PAUD, buku cerita anak-anak. Miclib juga akan dijadikan sebagai pusat beragam kegiatan anak misalnya knowledge sharing, story telling, English Clib, dan Gemari Membaca.

Baca Juga:

Keunikan Budaya Negara-Negara Asia yang Tercermin dari Arsitektur Masjidnya

Keindahan Mesjid Yang Terbuat Dari Lumpur Di Mali

Kumpulan Foto Haji Di Masa Lalu yang Ternyata Lebih Menyejukkan Dipandang Mata

 

(Visited 196 times, 1 visits today)