Ulangtahun Alessandro Volta Diperingati Google Hari ini

994 views

Dailymoslem – Alesandro Volta merupakan fisikawan Italia yang memberikan sumbangsih besar pada kehidupan manusia. Hari ini google memperingati hari kelahirannya dengan menampilkan animasi pada tampilkan awal mesin pencari terpopuler di dunia ini. Volta lahir di Italia pada tanggal 18 Februari 1745 dan wafat pada 5 Maret 1827.

Semasa hidupnya,  Volta mempelajari kapasitansi listrik dan meneliti ulang penemuan Luigi Galvani tentang listrik yang dihasilkan oleh hewan. Volta akhirnya berhasil menjadi penemu pertama baterai pada tahun 1791 setelah ia menemukan fakta bahwa kaki katak yang mengejang saat di bedah bukan karena katak menghasilkan listrik, namun timbul ketika dua logam yang berbeda dihubungkan secara resi pada kaki katak.

Volta kemudian melanjutkan penelitian secara mendalam dengan berkesperimen menggunakan dua logam yang berbeda dan ahirnya menemukan baterai listrik pertama yang diberi nama Voltac Pile, yaitu tumpukan lempengan cakram logam yang dipisahkan oleh karton dan kain yang direndam dengan air laut. Penemuan itulah yang menjadi dasar dari penemuan-penemuan baterai canggih yang ada saat ini.

Selain dikenal sebagai penemu baterai pertama, Alessandro Volta juga dikenal oleh beberapa orang sebagai penemu sel listrik, Metana, tegangan listrik dan juga alat pengukur tegangan listrik, Voltmeter.

(Visited 275 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]