Ukhti, Hati-Hati Dengan Suaramu Bisa Jadi Menimbulkan Dosa Atau Fitnah

357 views
Ukhti, Hati-Hati Dengan Suaramu Bisa Jadi Menimbulkan Dosa Atau Fitnah

Dailymoslem – Wanita dalam Islam sangatlah dijaga. Mulai dari diwajibkannya mengenakan hijab untuk menutup seluruh auratnya, hingga adanya anjuran agar wanita tidak bepergian sendiri. Semua hal itu dilakukan bukan untuk mengekang seorang wanita, melainkan untuk menjaganya dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu ada, suara wanitapun harus dijaga. Karena dari suara wanita bisa jadi menimbulkan nafsu pada orang yang memiliki penyakit dalam kalbunya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Maka janganlah kamu tunduk (melemahlembutkan suara) dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam hatinya.” (Q.S Al-Ahzab:32)

Namun demikian, suara perempuan tidak dapat dikatakan sebagai suatu aurat jika hanya mengucapkan perkataan yang biasa. Karena diketahui hadits yang mengatakan bahwa suara perempuan termasuk aurat yang berbunyi “Shautul mar’ah aurah” bukanlah hadits yang shahih.

Adapun pengertian dari potongan surat Al-Ahzab tersebut maksudnya adalah tidak boleh melemah lembutkan suara kepada lelaki yang bukan muhrim. Misalnya berbicara dengan suara yang dimanja-manjakan atau bahkan sampai mendesah.

(Baca Juga: Subhanallah, Rasul pun Menangis Melihat Siksa Pedih Atas Wanita Berdosa Di Neraka )

(Baca Juga: Benarkah Wanita Belum Boleh Shalat Dzuhur Sebelum Lelaki Selesai ‘Jumatan’ ? )

 

(Sumber gambar: music.tutsplus.com) 

(Visited 297 times, 1 visits today)