Trik Kurangi Kalori Dalam Nasi Ala Ilmuwan

93 views Leave a comment
Trik Kurangi Kalori Dalam Nasi Ala Ilmuwan

Dailymoslem– Sebagai orang Indonesia, mengkonsumsi nasi merupakan sebuah kewajiban. Bahkan ada istilah yang menyatakan bahwa sebelum makan nasi belum bisa dikatakan makan. Jadi, saat orang memakan roti meskipun banyak tetap saja tidak dikatakan sudah makan.

Oleh karena itu, meninggalkan nasi untuk mengurangi kalori adalah ujian terbesar bagi para pelaku diet di Indonesia. Bukan hanya orang yang sedang dalam program diet yang harus rela kehilangan nasi karena kalorinya yang tinggi, mereka yang mengidap diabetes juga harus meninggalkannya.

Dilansir dari dailymail, para peneliti telah menemukan cara yang efektif mengurangi jumlah kalori hingga 60 persen dalam kandungan nasi yang Anda konsumsi dengan metode memasak berikut.

Metode ini dilakukan dengan cara menambahkan satu sendok teh minyak kelapa pada air mendidih dan setengah cangkir atau 105 gram beras, kemudian biarkan hingga mendidih selama 20-40 menit, tahap selanjutnya dengan cara mendinginkan nasi selama 12 jam.

Ketua peneliti, Sudhair James, dari Collage of Chemical Sciences, Sri Lanka mengatakan dengan menggunakan metode ini, dapat mengurangi kalori sekitar 50 hingga 60 persen. Menurutnya bahwa dengan penemuan ini tim peneliti ingin menemukan solusi berbasis pangan untuk mengatasi masalah obesitas di negara-negara berkembang, dimana beras sering menjadi salah satu makanan pokok.

James menjelaskan bahwa dalam beras terdapat dua jenis pati, yaitu yang dapat dicerna dan yang tidak dapat dicerna. Tidak seperti pati yang dapat dicerna, pati yang tidak dapat dicerna tidak hancur di dalam usus kecil, di mana karbohidrat umumnya dimetabolisme menjadi glukosa dan gula sederhana lainnya yang akan diserap oleh tubuh.

Para peneliti dengan demikian, beralasan  bahwa dengan meningkatkan jumlah pati yang tidak dapat dicerna. “Ini bisa menurunkan jumlah kalori dalam nasi. Minyak kelapa yang terserap ke dalam bulir beras mengubah sifatnya sehingga menjadi resisten terhadap enzim pencernaan, ujar James.

Namun, terkait hal ini memanaskan ulang nasi untuk dimakan tidak akan mempengaruhi kadar pati resisten. Dengan demikian, hanya sedikit kalori yang akan diserap dalam tubuh.

Baca Juga:

Cara Alami untuk Tetap Awet Muda dengan Lulur dan Masker Beras

Rahasia Dibalik Air Cucian Beras

(Visited 136 times, 1 visits today)