Tradisi Unik Merayakan Lebaran Di Berbagai Negara

606 views
YOGYAKARTA, INDONESIA - SEPTEMBER 20: People gather near Parangtritis Beach to pray and celebrate Eid Ul-Fitr on September 20, 2009 in Yogyakarta, Indonesia. Eid ul-Fitr is a Muslim holiday that celebrates the end of Ramadan, the holy month of fasting which falls on September 20, 2009 in Indonesia according to the Gregorian solar calendar but always falls on the same day according to the Islamic lunar calendar.

Dailymoslem – Lain lubuk lain belalang, lain daerah pasti punya tradisi sendiri untuk merayakan momen-momen penting seperti Idul Fitri. Di Indonesia saja, banyak tradisi yang berbeda-beda untnuk merayakan hari Lebaran.

(Baca juga: Sajian Unik Di Hari Lebaran dari Berbagai Daerah Di Indonesia)

Nah, berikut ini tradisi unik untuk merayakan Lebaran di berbagai negara.

Malaysia

102439_perayaan-tahun-baru-2011-di-kuala-lumpur_663_382

Penduduk Malaysia memiliki kebiasaan yang hampir sama dengan penduduk Indonesia untuk merayakan Idul Fitri. Mereka biasanya berkumpul dan makan bersama dengan keluarga setelah sholat Ied, kemudian bersilaturahmi dengan kerabat dan melanjutkan dengan ziarah ke makam saudara dan kerabat.

Arab Saudi

Di salah satu negara muslim terbesar di Dunia satu ini, Lebaran identik dengan pertunjukan seni seperti pagelaran teater, pembacaan puisi, parade pertunjukan musik, tarian dan lain sebagainya. Selain itu, masyarakat juga biasanya mendekorasi rumah dengan hiasan khas Lebaran. Di hari Lebaran juga masyarakat Arab biasanya bersilaturahmi dengan tetangga dan saudara sabil membagikan bingkisan berisi coklat dan permen untuk anak-anak.

Turki

Di Turki perayaan Idul Fitri disebut dengan Bayram, di hari ini mereka mengenakan pakaian khas Turki yang dikenal dengan Bayramlik dan saling mengucapkan “bayraminiz Kutlu Olsun,” “Mutlu Bayramlar,” atau “Bayraminiz Mubarek Olsun.”

(Baca juga: Tips Bersilaturahmi Pada Calon Mertua Di Hari Lebaran)

China

57aidil fitri china

Muslim di China memang bukan mayoritas, sekitar 10 etnis dari 56 etnis yang ada di China memeluk agama Islam, misalnya di Xinjiang dan Yunnan. Muslim China biasanya bersilaturahmi dan makan bersama keluarga setelah sholat Ied. Seusai bersilaturahmi, dilanjutkan dengan berziarah ke makam leluhur dan makam tokoh muslim.

Nigeria

dsc01464

Di Nigeria, Idul Fitri disebut sebagai “Sallah Kecil,” sedangkan salam yang diucapkan adalah “Barka Da Sallah” yang berarti salam sejahtera di hari raya. Di Nigeria, umat muslim dan Kristen hidup berdampingan dan harmonis. Setiap Idul Fitri, umat Kristen banyak yang ikut berpartisipasi merayakan Idul Fitri, begitu pula sebaliknya.

Suriname

Lebaran di Suriname tak jauh beda dengan Lebaran di pulau Jawa, karena kebanyakan penduduk Suriname merupakan keturunan Suku Jawa. Penetapan hari Idul Fitri di Suriname juga mengikuti budaya jawa dengan menggunakan perhitungan ala primbon.

India

India juga merupakan salah satu negara yang memiliki cukup banyak penduduk muslim. Masyarakat New Delhi biasanya berkumpul di masjid yang menjadi pusat perayaan Idul Fitri untuk melakukan sholat Ied bersama. Selesai sholat, masyarakat akan bersilaturahmi dan menikmati sajian istimewa bersama-sama.

Disarikan dari berbagai sumber

(Visited 315 times, 1 visits today)