Tips Untuk Ibu Hamil Yang Ingin Olahraga

80 views Leave a comment
Tips Untuk Ibu Hamil Yang Ingin Olahraga

Dailymoslem – Seorang ibu yang sedang hamil biasanya memiliki ketakutan untuk berolahraga. Mereka khawatir jika berolahraga seperti lari atau fitnes dapat mempengaruhi janin sehingga mengakibatkan hal yang buruk.

Padahal berolahraga dapat membuat ibu dan janin menjadi lebih sehat. Dr Denise Jagroo seorang fisioterapis mengatakan bahwa ibu hamil tidak dilarang untuk olahraga selama selalu berkonsultasi dengan dokter kandungannya dan memperhatikan hal-hal berikut ini.

Untuk Ibu Hamil Yang Sebelumnya Suka Olahraga

Jika sebelumnya memang sering berlari, maka diperbolehkan untuk melakukannya. Tetapi harus memperhatikan aspek sepatu yang nyaman, waktu untuk berlari dan kondisi lintasannya. Usahakan tidak berlari di perlintasan yang terjal atau banyak batu untuk menghindari jatuh.

Begitupun dengan mereka yang suka berenang, bersepeda dan aerobik. Dalam kondisi yang tepat maka ibu hamil diperbolehkan untuk melakukannya.

Ibu Hamil Yang Sebelumya Jarang Berolahraga

Sebaiknya pilih olahraga ringan saja, seperti berjalan kaki. Meski begitu hal-hal seperti sepatu dan perlintasan tetap mesti diperhatikan. Pilih jalan yang datar dan tidak menurun atau menanjak yang curam.

Harus Ada Pendamping

Sebaiknya saat berolahraga, ibu hamil didampingi oleh keluarga atau teman. Hal ini untuk mengantisipasi jik atiba-tiba mereka teralalu lelah atau mengalami overheating.

Ibu Hamil Yang Ingin Nge-Gym

Dr Jagroo mengatakan boleh-boleh saja melakukan gym, tetapi harus didampingi oleh personal trainer yang terlatih untuk mendampingi seorang ibu hamil. Agar menghindari gerakan-gerakan yang secara tidak sadar berbahaya untuk ibu hamil.

Baca Juga:

5 Gaya Fashion Hijab Stylish untuk Olahraga buat Kamu yang Berhijab

3 Jenis Olahraga yang Disenangi Rasulullah

10 Olahraga Yang Membakar Kalori Paling Besar

 

(Visited 167 times, 1 visits today)