Tips Sehat Ramadhan bersama dr Gaga: Berbuka Puasa Dengan Sunnah Nabi

480 views
Tips Dr Gaga

 

Dailymoslem – Pada bulan Ramadhan, sumber energi yang kita konsumsi memang akan lebih sedikit dari jumlah yang dibutuhkan. Sehingga defisit energi sulit untuk dihindari. Namun, kita masih bisa menjaga kesehatan dengan melakukan beberapa cara. dr Gaga Irawan Nugraha, SpGK, MGizi seorang Praktisi Gizi Medik yang juga seorang Dosen dan Kepala Bagian Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Unpad memberikan tips sehat untuk menjalani Ramadhan.

Defisit energi seperti yang dikatakan diatas, memang tidak bisa dipungkiri. Meskpun begitu, kita tidak boleh mengalami defisit protein, vitamin, mineral dan air. Hal tersebut bisa kita jaga dengan pola makan yang baik. dr Gaga, menganjurkan pola makan sehat selama bulan Ramadhan seperti:

  1. Awali berbuka dengan mengkonsumsi buah-buahan manis dan berair banyak
  2. Makan besar setelah magrib dengan makanan yang mengandung 4 sehat, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran.
  3. Untuk orang-orang yang memiliki berat badan berlebih, kolesterol tinggi atau kelaianan metabolik lainnya sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi apapun setelah makan besar.
  4. Namun bagi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan, sebaiknya mengkonsumsi makanan lain setelah shalat terawih.

Selain saat berbuka, sahur jug sangat perlu untuk diperhatikan. dr Gaga menyebutkan bahwa makan sahur adalah waktunya untuk melengkapi kebutuhan energi atau zat gizi lain, yang belum terpenuhi saat buka puasa. Berikut tips sehat untuk makan sahur:

  1. Minum Segelas air sebelum makan
  2. Makan berat yang mengandung 4 sehat, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran.
  3. Konsumsi buah-buahan manis yang memiliki banyak air
  4. Lengkapi dengan segelas susu untuk suplementasi kalsium.

Saat puasa, konsumsi air pun tidak boleh berkurang. dr Gaga menganjurkan untuk minum 5 gelas air diatara waktu berbuka hingga menjelang tidur malam dan 3 gelas air saat sahur. Dengan begitu, kebutuhan air dalam tubuh akan cukup selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

 

(Visited 275 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS