Tips Sehat dr Gaga: Ibu Hamil Dan Menyusui Di Bulan Ramadhan

451 views
DR GAGA - TIPS RAMADHAN IBU HAMIL

Dailymoslem – Wanita yang sedang dalam fase kehamilan dan menyusui membutuhkan surplus energi untuk memenuhi asupan makanan pada janin dan bayi. Sedangkan saat berpuasa, kemungkinan besar kita mengalami defisit energi. dr. Gaga sebagai praktisi gizi medic menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh wanita yang sedang hamil dan menyusui jika ingin melakukan ibadah puasa.

Kehamilan Trimester Pertama

Dr. Gaga Irawan Nugraha, SpGK, MGizi menyarankan wanita yang sedang mengalami kehamilan pada trimester pertama, sebaiknya tidak melakukan puasa. Hal ini disebabkan karena di trimester pertama sebagian besar organ janin tumbuh dan membutuhkan asupan gizi yang berasal dari cadangan zat gizi ibu. Apalagi jika berat badan saat hamil bisa dikatakan kurus dibandingkan dengan ibu hamil pada umumnya, lebih baik tidak berpuasa dan terus menambah asupan gizi untuk janin.

Untuk ibu hamil yang bobot tubuhnya sudah meningkat di trimester pertama, dr Gaga memperbolehkannya untuk berpuasa. Syaratnya, makanan 4 sehat yang dikonsumsi pada saat berbuka dan sahur harus disertai dengan camilan lain yang bergizi.

 Kehamilan Trimester Kedua dan Ketiga

Pada periode ini, kebutuhan energi dan protein akan meningkat. Jika di trimester pertama tambahan kebutuhan kalorinya sangat kecil bahkan bisa sampai nol. Pada trimester kedua dan ketiga ini, tambahan kalori yang dibutuhkan bisa meningkat hingga 300 – 500 kalori. Sehingga akan lebih baik jika ibu hamil tidak berpuasa terlebih dahulu dan menggantinya dengan fidyah sesuai dengan anjuran agama Islam.

Ibu Menyusui

Seorang ibu yang mengikuti program ASI ekslusif, membutuhkan energi lebih besar daripda ibu hamil. Ibu menyusui membutuhkan tambahan energi mencapai 600 kilo kalori. Artinya ibu menyusui membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak dibandingkan dengan ibu hamil. Selain itu, kebutuhan air ibu menyusui akan sulit terpenuhi saat berpuasa. Sehingga dianjurkan untuk tidak berpuasa.

(Visited 556 times, 1 visits today)