Tips Mudik Bersama Anak Ala Ghaida Tsurayya

546 views
Ghaida dan keluarga

Dailymoslem – Mudik bersama anak-anak memang memerlukan sedikit kesabaran. Anak-anak yang masih kecil, pastilah belum dapat memahami kondisi perjalanan saat mudik yang macet dan membutuhkan waktu yang lama. Tak ajarang mereka merengek dan menangis karena merasa bosan atau kepanasan didalam mobil.

Alhasil, para orang tua yang juga dalam keadaan lelah dan stress malah balik memarahi anak. Padahal hal tersebut tidak baik untuk psikologis anak saat itu. Ghaida tsurayya seorang ibu dari tiga orang anak, memiliki tips untuk membuat perjalanan mudik yang notabene macet agar menjadi lebih menyenangkan bagi anak-anak. Berikut pemaparannya.

Siapkan makanan dan mainan yg disukai anak-anak

Makanan dan minuman adalah hal wajib untuk dibawa. Anak-anak yang masih kecil tidak bisa menahan keinginan mereka. Misalnya saat haus atau makan. Jadi persiapkan makanan dan minuman yang cukup. Lebih bagus jika membawa makanan dan minuman yang mereka sukai. Siapkan juga susu kemasan yang siap minum, agar tidak repot membuat susu dalam perjalanan.

Agar anak tidak bosan dalam perjalanan, bawa juga maninan kesukaannya. Namun hindari membawa mainan terlalu banyak. Cukup satu dua yang disukainya.

Kesehatan orang tua dan anak harus diperhatikan

Kesehatan sangat penting untuk dijaga. Agar anak-anak tidak sakit saat perjalanan, minum vitamin dari jauh-jauh hari. Siapkan juga obat-obatan seperti anti mabok anak, pereda nyeri dan demam, obat maag, minyak kayu putih dan lain sebagainya.

Jangan ingin buru-buru sampai di tujuan, enjoy aja

Perjalanan mudik yang berdekatan dengan hari-H memang sudah dapat dipastikan akan mengalami kemacetan parah. Jadi, jangan memaksakan untuk cepat-cepat sampai di tempat tujuan. Nikmati perjalanan mudik tersebut, buatlah kegiatan yang bisa membuat mereka menikmati perjalanan. Misalnya, tebak-tebakan atau permainan sederhana yang lainnya.

 

(Visited 418 times, 1 visits today)