Tips Mengingat Dari Ahli Sketsa Kepolisian Inggris

113 views Leave a comment
Tips Mengingat Dari Ahli Sketsa Kepolisian Inggris

Dailymoslem – Manusia memang tidak ada yang sempurna. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam bidang yang berbeda-beda pula. Termasuk dalam hal mengingat. Ada seseorang yang meski dalam suasana panik pun masih dapat mengingat dengan jelas.

Nah untuk kamu yang sering lupa suatu kejadian, ada tips ampuh dari Natalie Sweet, ahli sketsa wajah kepolisian Inggris untuk mengembalikan kembali ingatan. Cara ini juga dilakukan Natalie untuk menarik informasi dari saksi kejahatan untuk mengungkap kejadian yang sebenarnya.

Langkah 1: Tenangkan diri

Kehilangan sesuatu yang penting memang akan membuat panik. Contohnya saja kehilangan kartu ATM atau kunci mobil. Semakin kamu panik, ingatan mu semakin berantakan. Oleh karena itu tenangkan diri terlebih dahulu.

Natalie meredakan ketegangan dengan memberitahukan kepada saksi bahwa tujuan pembuatan sketsa adalah untuk menjadi semirip mungkin dengan orang yang ada diingatan mereka. Targetnya memang bukan untuk menjadi sempurna.

Langkah 2: Coba munculkan ingatan pada hari kejadian

Pemansan pada otak akan memudahkan kamu untuk mengingat kembali runutan kejadian. Dalam hal ini Natalie memberikan kesempatan kepada saksi untuk melakukan pemanasan ada otaknya dengan membicarakan apapun yang terjadi pada hari kejadian, kecuali kejahatan itu sendiri.

Kemudian, Natalie akan meminta saksinya untuk menutup mata dan mendeskripsikan apa yangd iingat mengenai suasana kejadian.

Langkah 3: Bayangkan bahwa seolah-olah sedang menonton kejadian

Jangan bayangkan kejadian dengan diri kita sebagai subjek. Buat otak kita membayangkan bahwa kita sebagai orang ketiga yang sedang menonton kejadian tersebut. Natalie mengatakan bahwa dengan cara ini kita akan mendapatkan prespektif yang berbeda.

Saya mengatakan kepada mereka untuk berlaku seakan-akan mereka sedang merekam apa yang terjadi atau sedang menonton kejadian itu di tv.” Jelas Natalie seperti dikutip dailymoslem dari digest.

Hal itu menghasilkan prespektif yang berbeda.”lanjutnya lagi.

Langkah 4: Fleksibel

Dianjurkan untuk mengingat kejadian tersebut maju dan mundur hingga pikiran akan mendpatkan petunjuk untuk menemukan benda yang hilang tersebut.

Natalie meyakini bahwa otak memiliki kemampuan luar biasa untuk memutar kembali kejadian dari berbagai prespektif. Biasanya setelah kejadian, ia akan meminta saksi untuk memutar ulang gambaran tersebut hingga mendapat gambaran paling jelas mengenai pelaku.

Langkah 5: Terburu-buru tak akan membantu

Seperti penjelasan dalam poin pertama, mengingat membutuhkan pikiran yang tenang. Maka bersabarlah. Menciptakan sketsa membutuhkan waktu rata-rata dua jam. Beberapa bahkan menghabiskan waktu yang jauh lebih lama.

(Visited 212 times, 1 visits today)