Tips Memilih Jas Hujan yang Aman dan Tepat untuk Pemotor

101 views Leave a comment
Tips Memilih Jas Hujan yang Aman dan Tepat untuk Pemotor

Dailymoslem – Di musim hujan seperti sekarang ini, jas hujan menjadi salah satu yang paling banyak dicari oleh pemotor di Indonesia yang jumlahnya ribuan.

Namun, kita juga harus berhati-hati dalam memilih jas hujan, karena jas hujan dengan jenis tertentu bukannya melindungi kita dari hujan tapi justru bisa menyebabkan kecelakaan.

Dilansir dari otomotif.liputan6.com, berikut inilah beberapa tips memilih jas hujan untuk pemotor yang disampaikan oleh Jusri Pulubuhu, selaku instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Pilih Jas Hujan Two-Pieces

Jusri menyarankan pemotor untuk memilih jas hujan yang terdiri dari baju atasan dan celana, karena jas hujan jenis ponco dapat membahayakan keselamatan.

Beberapa waktu lalu, TMC Polda Metro Jaya menghimbau para pemotor untuk menghindari jenis jas hujan ponco karena bisa membahayakan keselamatan. Jas hujan jenis ini tidak dapat melindungi tubuh secara sempurna dari air hujan dan juga berrisiko tersangkut di jari-jari motor.

Tips Memilih Jas Hujan yang Aman dan Tepat untuk Pemotor

Pilih Warna Mencolok

Pemilihan warna juga bukan hanya mengandalkan warna kesukaan si pemakai. Menurut Jusri, sebaiknya memilih jas hujan dengan warna mencolok agar mudah terlihat oleh pengendara lain, terutama oleh yang menggunakan kendaraan besar. Mengingat di tengah hujan, jarak pandang pengendara lain bisa saja terganggu karena derasnya hujan.

“Pemotor saat melintasi hujan badai visibilitasnya akan berkurang (oleh pengemudi). Jas hujan berwana cerah akan membantu keselamatan pemotor di jalan,” sambungnya.

Gunakan Sepatu Boot Waterproof

Terakhir, Jusri juga menyarankan untuk menggunakan sepatu boot saat menerabas hujan untuk menghindari sepatu licin saat mengendarai motor. Selain itu, pilih juga yang berbahan waterproof agar tidak membasahi kaki.

(Visited 116 times, 1 visits today)