Tips Membedakan Restoran Berlabel Halal Asli Atau Palsu

622 views

Dailymoslem – Untuk membedakan mana restoran yang berlabel halal asli atau palsu, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah meluncurkan ‘Quick Respon Code’ (QR Code).

Lukmanul Hakim, Direktur LPPOM MUI mengatakan bahwa QR Code tersebut merupakan kode khusus bagi restoran yang telah bersertifikat halal.

Setelah meluncurkan dua buah buku dan situs versi baru, LPPOM MUI kini juga tengah sibuk melaksanakan Olimpiade Halal 2015.

Beberapa program tersebut sengaja dilaksanakan LPPOM MUI untuk semakin memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengakses informasi halal.

Dengan adanya QR Code yang dipajang di gerai-gerai bersertifikat halal, masyarakat dapat melakukan pemindaian sendiri menggunakan smart phone. Setelah pemindaian dilakukan, maka informasi terkait nomor sertifikat, nama outlet, masa berlaku sertifikat halal, dan perusahaan pemilik restoran akan muncul di layar smart phone.

Dengan melakukan pemindaian melalui smart phone, para pengunjung dapat mengecek sendiri keaslian sertifikat halal pada suatu restoran, seperti dilansir dari antaranews.com.

Dengan adanya kode tersebut, maka restoran yang mencantumkan logo halal dapat diketahui apakah logo halal tersebut juga disertai dengan sertifikat halal MUI ataukah hanya klaim sepihak saja.

Kode tersebut akan ditempelkan di 1.134 gerai resto yang telah mengantongi sertifikat halal dari LPPOM MUI.

LPPOM MUI juga telah meluncurkan dua buku yaitu HAD 23102 Pemenuhan Sistem Jaminan Halal di Restoran dan HAS 23104 Pemenuhan Kriteria Sistem Jaminan Halal di Katering.

Lukman menuturkan bahwa sertifikasi halal harus diproses dengan cara yang mudah dan dengan layanan yang berkualitas. Ia juga berharap halal bisa dijadikan gaya hidup di Indonesia.

(Sumber: halhalal)

(Visited 248 times, 1 visits today)