Tips Hilangkan Tungau Yang Bersarang Di Kasur

126 views Leave a comment
Tips Hilangkan Tungau Yang Bersarang Di Kasur

Dailymoslem – Pentingnya tidur bagi manusia sudah banyak dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Manusia yang kekuarangan tidur, cenderung memiliki tubuh yang lemas, pikiran yang sempit dan juga emosi yang tidak stabil oleh karena itu setidaknya setiap malam manusia membutuhkan waktu tidur hingga 7 jam.

Sayangnya, seringkali tidur terganggu karena beberapa hal. Salah satunya adalah gatal-gatal karena seprai atau kasur yang kotor. Kebanyakan orang hanya fokus membersihkan dan mengganti seprai atau selimut saja. Padahal kasur yang menjadi tempat tidur juga perlu diperhatikan kebersihannya.

Kasur yang kotor karena tumpukan debu dapat menjadi sarang berekembang biaknya tungau. binatang kecil yang bisa menimbulkan gejala alergi pada kulit. Nah, agar kasur tetap bersih dan terhindar dari segala jenis kotoran debu maka sebaiknya kita membersihkannya secara teratur.

Nah, cara-cara dibawah ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan kasur atau spring bed kesayangan di rumah.

Menepuk-nepuk kasur agar debu dan kotoran keluar

Masih ingatkah kita, dulu setiap rumah memiliki alat pemukul dari rotan bentuknya mirip dengan raket tenis. Alat tersebut digunakan untuk memukul-mukul kasur yang dijemur dibawah terik matahari. Nah, kamu juga masih bisa melakukannya sekarang. Hal ini berguna untuk menyingkirkan debu yang menempel. Jangan lupa pakai masker saat melakukannya, karena debu yang berterbangan akan mudah sekali masuk ke saluran pernapasan dan menimbulkan gangguan.

Cuci dengan sedikit air

Sesekali, kamu juga dapat mencuci kasur atau spring bed dengan sedikit air. Air yang terlalu banyak akan membuat kasur sulit kering dan memicu tumbuhnya jamur yang malah akan memperpendek usia kasurmu.

Pastikan kamu menjemur kasur atau spring bed di bawah terik matahari langsung agar cepat kering dan tidak meninggalkan bintik hitam yang mengganggu.

Langsung bersihkan jika kasur terkena noda

Saat kasur terkena tumpahan noda, kamu bisa menyemprotkan larutan detergen dengan air dingin kemudkan menyikat dan mengeringkannya dengan kain kering. Usahakan tidak air yang digunakan tidak terlalu banyak sehingga kasur akan kering dengan sendirinya meski tidak dijemur di bawah terik matahari.

GunakanVacuum Cleaner

Jika mencuci dan menjemur kasur dirasa terlalu rumit, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang terperangkap di sela-sela kasur. Selain debu, tungau yang bersarang pun bisa hilang tersedot mesim vacuum cleaner

Sering – sering di jemur

Agar kasur tidak cepat berjamur, kamu bisa menjemurnya secara teratur. Pastikan untuk langsung terkena sinar matahari ya. Kasur yang telah dijemur pasti akan membuat tidur mu lebih nyaman lagi.

Itulah beberapa tips untuk membuat kasur mu tetap bersih dan nyaman untuk ditiduri. Selemat mencoba!

Baca juga:

Ternyata Ada Ribuan Bakteri dan Jamur di Debu Rumah Kita

5 Titik yang Tak Boleh Luput Dari Perhatian Saat Membersihkan Kamar Mandi

Bersihkan Panci Berkarat Dengan Dua Bahan Ini

 

(Visited 182 times, 1 visits today)