Tips Dan Trik Jitu Sukses Jualan Online Di Indonesia

150 views Leave a comment
Tips Dan Trik Jitu Sukses Jualan Online Di Indonesia

Dailymoslem –¬† Rezeki memang sudah ditentukan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, namun sebagai manusia kita diharuskan berikhtiar untuk menjemputnya. Cara setiap orang berbeda-beda tergantung dengan talenta atau kondisi yang dimilikinya. Ada yang menjemput rezeki dengan cara menjadi guru, pembuat program, bertani, menjadi baby sitter, menulis naskah, berdagang dan lain sebagainya.

Dalam Islam sendiri, salah satu cara menjemput rezeki dengan cara mulia adalah dengan berdagang. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, sebagai panutan umat Islam hingga akhir zaman pun menjemput rezekinya dengan cara berdagang.

Nah, di zaman yang serba canggih seperti saat ini mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa berdagang melalui online bisa dikatakan lebih efektif. Kita tidak memerlukan toko dengan harga sewa yang tinggi dan juga tidak memerlukan banyak pelayan seperti yang ada toko-toko kebanyakan.

Namun begitu, dalam berbisnis online pun ada beberapa trik yang harus dikuasai. Jika tidak, toko online yang kita miliki akan tenggelam oleh toko-toko online lain yang mudah sekali bermunculan. Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa dilakukan.

Rawat Toko Online Secara Rutin

Anda bisa membuat toko online tanpa biaya melalui beberapa media sosial yang sudah menjamur di masyarakat Indonesia. Sebut saja facebook, instagram, blog gratisan  dan beberapa situs jual-beli yang membuka wadah gratisan untuk para pedagang online. Jika kamu memiliki modal yang cukup, kamu juga bisa membeli domain website sendiri sehingga toko online mu nampak lebih profesional.

Setelah memiliki lapak yang baik, jangan lupa untuk merawatnya dengan konsisten. Misalnya kamu lebih memilih instagram sebagai display toko mu. Nah, upload foto-foto produk yang kamu jual setidaknya dua hari sekali atau dalam periode yang kamu tentukan sendiri. Potret produk dengan sudut yang tepat sehingga produk jualan mu akan terlihat lebih bagus dan menarik untuk dibeli.

Deskripsikan Produk Dengan Jelas

Di media apapun yang kamu pakai, sebaiknya sertakan deksripsi produk dengan jelas dan rinci. Mulai dari bahan yang dipakai, ukuran, warna yang tersedia dan juga deskripsi singkat tentang kelebihan produkmu dibandingkan dengan produk yang sama lainnya. Semakin bagus kamu membuat deskripsi semakin tertarik konsumen untuk membelinya. Dalam bisnis online konsumen tidak dapat melihat dan meraba produk langsung sehingga satu-satunya hal yang akan membuat mereka percaya adalah deskripsi produk.

Hindari Menggunakan Foto Orang Lain

Kita memang menjual barang yang sama, tapi jangan sesekali memasang foto yang diambil dari lapak orang lain. Sebisa mungkin unggahlah foto yang orisinil. Meski dengan keterbatasan alat namun itu akan tampak lebih terpercaya. Sebaliknya jika kita menggunakan foto orang lain, meski pun bagus para konsumen bisa jadi menggap toko online kita adalah fake atau palsu.

Buat Cara Pembelian Yang Jelas

Hal ini tentunya akan menghindarkan kita dari penipuan yang seringkali terjadi. Beritahukan konsumen agar membayar terlebih dahulu agar pesanannya segera di proses. Selain itu kirimkan juga resi pengiriman pada konsumen agar ia mengetahui bahwa pesanannya akan segera sampai.

Cantumkan Identitas Yang Jelas

Sertakan nama jelas dan nomor atau media lain yang mudah dihubungi.  Jika memang membutuhkan alamat untuk COD, sebaiknya berikan secara private pada konsumen yang bersangkutan.

Jangan Ragu Berikan Diskon

Diskon dilakukan supaya konsumen lebih tertarik pada produk yang kita jual. Jangan takut untuk mengecilkan selisih harga beli dan jual dalam rangka diskon, karena jika banyak konsumen tertarik pendapatan kita juga akan semakin besar.

Selain diskon, siapkan bisnismua agar lebih menarik daripada yang lain. Misalnya dengan memberikan bonus atau gratis produk setelah jumlah pembelian yang ditentukan. Ingat tidak hanya produk yang menarik saja yang membuat konsumen ingin membeli namun juga dengan fasilitas unik yang kita diberikan.

Jadilah Pedagang Yang Responsif

Sebagai pedagang online, mau tidak mau kita harus melayani para calon konsumen dengan membalas pesan-pesan. Semakin responsif, semakin para calon konsumen ini tertarik. Namun meski begitu, kita tetap harus menguatkan hati jika ada calon konsumen yang hanya bertanya tanpa membeli. Ingat, rezeki sudah ada yang mengatur.

Selalu Catat Keuanganmu

Salah satu hal yang membuat para pembisnis terkadang kebingungan mengenai labanya yang tiba-tiba menguap adalah tidak adanya pencatatan keuangan yang jelas. Oleh karena selalu catat pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan. Sebaiknya tidak mencampurkan uang pribadi dengan uang bisinis. Jika kamu ingin menikmati laba, maka sebaiknya tulis berapa yang kamu ambil dan sisakan sebagian untuk modal bisnis selanjutnya.

Jangan Takut Memulai Dan Bekerjalah Tanpa Tapi

Tips lainnya adalah sebisa mungkin hindari rasa takut untuk memulai dan mencoba hal yang baru. Ketahui risikonya, coba pikirkan apa yang akan meminimalisir risiko tersebut dan lakukan. Enyahkan kosakata ‘tapi’ yang selalu muncul setelah ide-ide usaha terbersit dikepala dan mulailah dengan Bismillah.

 

Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Membuka Pintu Rezeki dengan Bertawakkal Kepada Allah

7 Hal yang Dapat Membuka dan Melancarkan Rezeki

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

Ini 5 Alasan Orang Suka Belanja Online, Apakah Kamu Salah Satunya?

 

 

 

(Visited 134 times, 2 visits today)